Dragon Boat Race Sei Carang Wisata Tanjungpinang

Event Tanjungpinang Internasional Dragon Boat Race 2014 Sei Carang, baru pertama kali diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Tanjungpinang.
sebelumnya, event tahunan yang bertaraf internasional ini, dilaksanakan di perairan di depan Gedung Daerah, namun mulai tahun 2014 ini lokasinya dipindahkan ke Sei Carang.

Animo masyarakat yang ingin menyaksikan perlombaan perahu naga ini cukup tinggi.Terbukti selama pelaksanaan ivent ini, selalu dipadati penonton yang ingin menyaksikan perlombaan dragon boat race. Dipilihnya Sei Carang sebagai lokasi lomba merupakan implementasi dan komitmen pemerintah untuk mengeksplore tempat-tempat wisata baru di Kota Tanjungpinang. Dan ajang ini dapat dimanfaatkan sebagai promosi pariwisata sekaligus meningkatkan aktivitas olahraga yang digemari oleh masyarakat, baik lokal maupun internasional.

Selain itu, dalam pelaksaan event DBR tahun ini, hanya perahu naga saja yang diperlombakan. Sementara lomba lainnya tidak diikutsertakan karena sudah dimasukkan kedalam agenda festival laut lainnya. Walaupun pelaksanaannya sekarang sudah mengikuti standard internasional yang berlaku, namun kedepannya standard pelaksanaan DBR ini akan lebih disempurnakan lagi mengingat ini adalah event internasional.

Pelaksanaan Tanjungpinang International Dragon Boat Race 2014 Sei Carang ini akan terus dilaksaksanakan karena tempat ini merupakan salah satu urat nadi perekonomian Kota Tanjungpinang dan juga sebagai daerah maritim di masa lalu. Dan juga dipilihnya tempat Sei Carang dengan tujuan untuk meningkatkkan kepariwisataan di Kota Tanjungpinang, sebagai daerah maritim yang potensial. Sehingga menghasilkan sektor-sektor jasa lainnya demi menunjang ekonomi kerakyatan.

Untuk meningkatkan disektor pariwisata juga perlu diperhatikan juga mulai dari pembenahan sarana dan prasarana dan Disparekraf terus mengalakan daerah tersebut. Ini adalah strategi untuk meningkatkan sektor pariwisata sebagai salah satu penyumbang besar dalam peningkatan PAD Kota Tanjungpinang. Namun untuk meningkatan sektor pariwisata Kota Tanjungpinang, juga tidak lepas adanya kerjasama yang sinergis antara semua pihak, termasuk Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemerintah Kabupaten Bintan.

Pembukaan Tanjungpinang Internasional Dragon Boat race 2014 ditandai dengan penyerahan piala bergilir oleh pemenang tahun lalu yaitu Tim Provinsi Kepri kepada Walikota Tanjungpinang untuk diperebutkan kembali dan terakhir ditutup oleh Walikota Tanjungpinang, setelah yang menjadi juara 1 yaitu tim Polisi Diraja Malaysia, yang sebelumnya dikuti oleh 27 Tim selama 24-26 Oktober 2014.

Pada acara pembukaan diresmikan oleh Sekda Provinsi Kepri dan juga turut dihadiri, Wakil Walikota H. Syahrul, S. Pd, Ketua DPRD Suparno, Ketua TP PKK, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, Ketua GOW Juariah Syahrul, Kepala Dinas Parisata Pemrov Kepri, seluruh jajaran FKPD , SKPD, Camat serta Lurah dilingkup Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Narasi Foto: AFRIZAL

suprapto

Read Previous

Komunitas Merah Putih Gelar Dialog Kepemudaan di Bintan

Read Next

Dinkes Tanjungpinang Akan Gelar Sunatan dan Berobat Gratis