• September 27, 2022

Disnaker : Tenaga Kerja Harus Punya Sertifikat

Batam, IsuKepri.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam menyampaikan, pada era Masyarakat Ekonomi Asean 2015 mendatang, setiap tenaga kerja harus mempunyai sertifikat kompentensi. Hal ini juga, merupakan permasalahan terbesar Batam.

“Lembaga – lembaga pelatihan keterampilan kita arahkan dan bekerjasama dengan lembaga sertifikasi. Selain itu, Disnaker juga berupaya koordinasi dengan sekolah kejuruan, bagaimana agar anak – anak lulusan SMK, selain ijazah juga bisa dapat sertifikat kompentensi,” papar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Zarefriadi, di Media Center Pemko Batam, Jumat (17/10).

Ia mengakui, pentingnya keberadaan Balai Latihan Kerja di Batam. Namun dengan tidak dimilikinya BLK oleh Pemko Batam, bukan berarti pemerintah tak bisa memberikan pelatihan bagi masyarakat.

Sepanjang 2014 saja, sebanyak 1.310 orang mengikuti pelatihan di berbagai bidang yang diadakan oleh Disnaker. Jumlah ini bertambah dibanding 2013 lalu yang diikuti 570 peserta, ucapnya.

Ia juga mengatakan, selain jumlah peserta yang bertambah, jenis pelatihannyapun semakin banyak pilihan. Dari 19 jenis menjadi 26 pelatihan. Pelatihan yang diadakan dibagi menjadi tiga jenis besar, yaitu pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja, pelatihan dan peningkatan kemampuan tenaga kerja, serta pelatihan kewirausahaan.

Pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja yang baru diadakan tahun ini, yaitu pelatihan welder, safety officer, sekretaris, Microsoft Office, dan menjahit garmen. Sedangkan pelatihan dan peningkatan kemampuan tenaga kerja yang baru tahun ini adalah pelatihan outbond pekerja dan pengusaha, serta pelatihan welder, kata Zarefriadi.

Selain itu, tambahnya, jenis pelatihan lainnya seperti Bahasa Inggris, motor tempel, teknik komputer, design grafis, elektronika industri, body spa, dan pelatihan drafter jumlah pesertanya yang ditingkatkan dari 30 per pelatihan menjadi 60 orang.

Hal ini bertujuan agar peserta pelatihan bisa mendapatkan sertifikat sesuai keahlian yang dipelajari, paparnya. (AJANG NURDIN)

Alpian Tanjung

Read Previous

HUT Tanjungpinang, Lis Apresiasi Semua Pihak

Read Next

Maskur Kembali Jabat Ketua Komisi I DPRD Tanjungpinang