BPK RI Gagas Pemeriksaan dan Pengelolaan Keuangan Negara

Batam, IsuKepri.com – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI), saat ini menggagas keterkaitan pemeriksaan dan pengelolaan keuangan negara dengan peningkatan kesejahteraan rakyat. Hal itu disampaikan Ketua BPK RI, Dr. Harry Azhar Azis saat melakukan sosialisasi di kantor perwakilan BPK Kepri di Batam, Jumat (31/10).

Harry juga mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan BPK selama ini bertujuan untuk memenuhi harapan pemangku kepentingan – kepentingan lembaga penyelenggara Negara, yaitu eksekutif dan yudikatif.

Harapan kedepan, pengawasan BPK akan mengacu kepada kinerja hasil dari laporan. Bukan hanya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Saat ini, BPK RI menggagas mengenai keterkaitan pemeriksanaan atas pengelolaan keuangan negara dengan peningkataan kesejahteraan, serta kemakmuran rakyat,” papar Harry.

Menurut dia, sesuai dengan amanat Undang – Undang (UU) Negara Republik Indonesia 1945, BPK adalah lembaga negara yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan bertanggungjawab atas keuangan negara. Hasil Pemeriksaan keuangan negara oleh BPK ini, diserahkan kepada Dewan  Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sesuai dengan kewenangan dan selanjutnya ditindaklanjuti oleh lembaga perwakilan atau badan sesuai dengan Undang – Undang.

Selain itu, dalam rangka membangun suatu komunikasi yang efektif dengan pemangku kepentingan, termasuk kalangan akademisi sebagai pilar perubahan masyarakat khususnya dalam kaitannya dengan upaya mendorong tata kelola keuangan yang akuntabel dan transparan, ucapnya. (AJANG NURDIN)

Alpian Tanjung

Read Previous

BPOM Batam Musnahkan Produk Ilegal Senilai Rp1 Miliar

Read Next

MenPANRB Dorong Masyarakat Untuk Adukan Pelayanan Kurang Baik