Tiga Poin Untuk Capai Visi Bintan Gemilang 2025

Bintan, IsuKepri.com – Dua narasumber dari Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta, yakni Sutrisno dan Gunung Harjatmo memaparkan tiga poin untuk mencapai visi Bintan Gemilang 2025. Hal itu, disampaikan narasumber dalam pelaksanaan Musrenbang dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bintan Tahun 2005 – 2025, di Hotel Hermes Agro, Kawal, Senin (29/9).

Selain menyampaikan tiga poin tersebut, narasumber juga membicarakan rencana pembangunan 20 tahun yang akan datang.

“Untuk itu, kita memulainya dari RPJPD. Sebab, hebatnya Bintan ini, menjadi hebatnya Indosesia juga, yang paling penting itu, menjadikan Bintan yang bagus. Jadi visi, Bintan yang Gemilang ini tercapai,” papar Sutrisno.

Ia menambahkan, tujuan musrenbang ini merupakan sebagai masukan. “Kami minta masukannya, dan nantinya bisa disampaikan ke dewan. Hal ini juga, guna mewujudkan visi Bintan Gemilang 2025,” ujarnya.

Diacara itu juga, Gunung Harjatmo memaparan, tiga poin untuk mencapai visi Bintan Gemilang 2025, yakni poin pertama dibidang pendidikan, kedua kesehatan, dan ketiga aspek kesejahteraan masyarakat dan pelayanan umum.

“Untuk pelayanan umum, kita perlu melakukan pemerataan tenaga pendidik. Kemudian pemerataan sarana air bersih, serta bidang kelautan dan pariwisata. Sekali lagi, yang kita buat sekarang adalah RPJPD untuk 20 tahun yang akan datang,” ucapnya.

Sedangkan, kata dia, sasaran pokok kebijakan nanti, ada hal dasar yang harus dimiliki untuk membuat dan menjadikan Bintan mencapai visi – nya.

“Kita memiliki SDM yang berkualitas, dalam hal ini adalah para pelakunya yang berkualitas, baik pada kegiatan – kegiatan yang ada,” ucapnya.

Selain itu, sambungnya, banyaknya kemiteraan yang tumbuh, serta tidak diperdayakan. “Meskipun sudah ada, tapi tidak dikelola dengan sungguh – sungguh, maka hal itu percuma. Karena daerah bisa maju dengan adanya interaksi masyarakat,” katanya. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Ansar Buka Musrenbang dan RPJPD Kabupaten Bintan

Read Next

Peserta Usulkan Wisata Kuliner Dalam Musrenbang