Soerya Lantik Lima Anggota Komisi Informasi Kepri

Batam, IsuKepri.com – Sebanyak lima orang anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Kepri untuk periode 2014 – 2018 dilantik oleh Wakil Gubernur Kepri, H.M. Soerya Respationo, di Graha Kepri, Selasa (23/9). Lima komisioner KI yang dilantik tersebut, yakni Feri Mulyadi Manalu, Irwandi, Jazuli, Arifudin Jalil dan Dismini Diningsih.

Soerya mengatakan, kehadiran KI sangat penting, hal itu untuk menjamin keterbukaan informasi. Lembaga ini, sangat menjadi tempat aduan masyarakat apabila informasi yang dibutuhkan tidak didapatkan dari instansi yang dituju.

“Ini lembaga mandiri, keterbukaan informasi sangat diperlukan sesuai undang – undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi,” ujar Soerya, saat ditemui usai melantik kelima komisioner tersebut.

Menurutnya, lembaga ini kedengarannya memiliki pekerjaan mudah. Padahal, peran KI sangat fital dan sangat dibutuhkan untuk menjaga keterbukaan informasi. Sebab, informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang dan bagian penting bagi ketahanan nasional.

“Ini jembatan bagi masyarakat dengan pemerintah. KI ini akan menjalankan perannya sesuai amanat undang – undang. Tentu dia akan menilai dari aduan yang masuk, apakah informasi yang diinginkan bersifat rahasia atau tidak,” jelasnya.

Informasi yang dimaksud, kata Soerya, jangan ditafsirkan sendiri – sendiri. Peran KI untuk melihat dan memediasi kebutuhan masyarakat. Karena itu, lanjutnya, sumpah dan janji yang diucapkan, selain disaksikan diri sendiri, harus disadari bahwa juga diskasikan oleh tuhan.

Usai menyampaikan sambutannya, Soerya langsung memimpin pengambilan sumpah dan janji para anggota KI tersebut.

“Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Komisi Informasi periode 2014 – 2018 dengan sebaik – baiknya dan seadil – adilnya. Memegang teguh UUD Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala aturannya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” kata Soerya yang memimpin pembacaan sumpah dan diikuti oleh anggota KI.

Dalam pelantikan tersebut, turut hadir jajaran DPRD Kepri, seperti Jumaga Nadeak, Asmin Patros, Kepala Dinas Perhubungan Kepri, Muramis, Kepala Badan Kominfo Batam, Salim, serta tamu undangan lainnya. (AJANG NURDIN)

Alpian Tanjung

Read Previous

Kadisdikbud Tanjungpinang Himbau Kepsek Awasi Guru

Read Next

Sekolah Sambil Kerja Demi Ekonomi Orang Tua