• September 27, 2022

Pemko Tanjungpinang Tingkatkan SDM Kelompok Tani

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Guna mengembangkan dan mengefektifkan kelompok tani, peternak dan nelayan yang ada, serta meningkatkan kesejahteraan dan memperluas kesempatan kerja di Kota Tanjungpinang, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, Kehutanan dan Energi (KP2KE) Kota Tanjungpinang menggelar pembinaan dan peningkatan SDM Kelompok Tani, Peternak dan Nelayan.

Kegiatan itu juga, dibuka oleh Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, di Hotel Sunrise City, Senin (8/9).

Lis mengatakan, kegiatan pembinaan yang dilaksanakan seharusnya dilakukan secara kontiniu. Bukan hanya pembinaan, tapi juga pelatihan langsung dilapangan oleh SDM yang bersangkutan. Tentunya bersama dengan pemerintah selaku fasilitator, papar Lis.

Lis menyampaikan, penduduk Tanjungpinang sangat konsumtif, dengan adanya pelatihan dan pembinaan yang dilakukan secara kontiniu ini.

Setidaknya, kita bisa memenuhi sendiri kebutuhan bahan pangan. Jadi tidak semua didatangkan dari luar daerah, ucapnya.

Pengembangan pertanian di Kota Tanjungpinang sendiri mengalami kendala akan lahan. Namun itu semua seharusnya bisa disiasati. Lahan sempit bukan masalah dan dapat dimanfaatkan dengan mengembangkan kreatifitas petani itu sendiri. Penguasaan akan teknologi dan inovasi tentunya menjadi pendukung.

Itulah gunanya pembinaan dan pelatihan yang kontiniu sesuai dengan perkembangan jaman, ujar Lis lagi.

Di Kota Tanjungpinang sendiri, kata Lis, akan diupayakan untuk mengoptimalkan pemanfaatan wilayah Bukit Manuk sebagai lokasi pembibitan ikan dan sapi untuk pemenuhan kebutuhan bahan pangan supaya tidak hanya mengandalkan pasokan dari luar.

Akan ada kombinasi juga disana. Selain pembibitan ikan dan sapi, ada pembuatan pupuk juga, karena ada kebun buah juga disana. Wilayah Bukit Manuk kan luas, katanya. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Tengku Efrizal Divonis 1 Tahun 2 Bulan Penjara

Read Next

Perpustakaan Kelurahan Kampung Baru Bersaing Ditingkat Nasional