Dispar Kota Batam Apreasi Pelaku Pariwisata

Batam, IsuKepri.com – Sebagai bentuk apresiasi bagi pelaku pariwisata, Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, mempersembahkan malam anugerah pariwisata 2014 yang diselenggarakan di Swiss Bell ball room, Minggu (31/8).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Yusfa Hendri dalam laporannya mengatakan, anugerah pariwisata sebagai bentuk apresiasi dan motivasi Pemerintah Kota Batam kepada para pelaku pariwisata yang telah memberikan sumbangsihnya dalam membangun industri kepariwisataan di Kota Batam.

Ada beberapa pilar dalam membangun pariwisata, diantaranya pembangunan destinasi wisata, pemasaran wisata, pembangunan industri wisata dan pembangunan lembaga pariwisata. Tentu, ini semua akan berjalan dengan adanya usaha kerjasama antara pemerintah dan swasta,” kata Yusfa.

Selain itu, kata Yusfa, Pemko Batam juga memberikan penghargaan kepada pelaku pariwisata. Adapun, dari 12 kategori penghargaan yang di berikan, yakni nominasi Peraih The best pemenangnya adalah Hotel Swiss bel. Restaurant diberikan nominasi Golden Prawn Restaurant. Shoping mall pemenangnya di raih oleh BCS Mall. Sedangkan, untuk travel diraih oleh Agent Nusa Jaya Travel. Trasportasi pemenangnya di raih Batam Fast Fery. Kategori entertainment, pemenang di raih oleh biliard centre, kategori Golf, pemenangnya di raih oleh Falm Spring Golf, kemudian kategori massage dan SPA pemenangnya adalah Mustika Ratu.

Selanjutnya, untuk kategori impresariat Event Organiser diraih oleh Silouhate dan kategori sanggar seni pemenangnya, Sri Setaman, serta kategori fery terminal diraih oleh Pelabuhan Fery Sekupang International, yang terakhir untuk kategori the best resort di raih oleh Turi Beach Resort, papar Yusfa.

Sementara, Yusfa menambahkan, beberapa aspek yang menjadi penilaian, diantaranya memiliki persyaratan administrasi, teknis, komitmen terhadap pengembangan pariwisata dan penghargaan lain – lain yang sudah pernah diraih. Pada aspek administrasi, pelaku usaha dinilai dari segi ketaatan membayar pajak dan perizinannya, kualitas pelayanan yang dimiliki terhadap wisatan, kemudian yang terpenting kopetensi pekerja yang dimiliki perusahaan tersebut.

Selain itu, Walikota Batam, Ahmad Dahlan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada para pelaku industri kepariwisataan di Kota Batam yang ikut memajukan dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan Batam.

Tujuannya untuk memotivasi kawan – kawan agar terus giat dan komit membangun pariwisata di Kota Batam yang kita cintai ini, ucap Dahlan.

Sementara itu, ada beberapa hal dalam acara tersebut yang tidak tersebut, yaitu agenda Pemerintah Kota Batam terkait Hari Jadi Batam pada bulan mendatang.
“Seperti agenda pemerintah yang akan dilakukan pada akhir September hingga Desember, diantara menyambut Hari Jadi Batam,” ujar Dahlan.

Ia menambahkan, mengenai agenda menyambut hari jadi Batam diantaranya, perayaan Tahun Baru Islam, Tour The Kepri Kampung Tua, Carnaval Gedung Seni Melayu, malam puncak insan Batam Madani dan ditutup perayaan akhir tahun 2014. (AJANG NURDIN)

Alpian Tanjung

Read Previous

Ansar: Gerakan Pramuka Garda Terdepan Pendidikan Karakter Bangsa

Read Next

24 Anggota Dewan Bintan Diambil Sumpah