Rombongan Lemhanas Berkunjung ke DPRD Kepri

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sebanyak 29 orang dari rombongan Lemhanas, berkunjung ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau di Pulau Dompak Tanjungpinang, pada Senin (18/8) sekitar pukul 11.00 WIB. Kunjungan Lemhanas itu juga, dalam rangka studi strategis dalam negeri (SSDN) ke kabupaten/ kota di Kepri.

Rombongan lemhanas itu juga, dipimpin oleh DR. H. Darma Kusuma, Msi. Menurut Darma, kunjungan studi SSDN tersebut untuk mengetahui lansung terkait penangan perbatasan pulau – pulau terluar, ketahanan hankam di Kepulauan Riau dan sebagainya.

Sejauhmana pencegahan, antisipasi dan solusi isu – isu ketahanan dan pertahanan keamanan di daerah pulau terluar, kejahatan internasional, trafiking dan narkoba di wilayah Kepri, ujar Darma di ruang DPRD Provinsi Kepri.

Dia melanjutkan, dengan kehadiran rombongan Lemhanas minimal perwira – perwira tinggi dari berbagai unsur TNI Polri dan Non Parlemen mengetahui garis besar di wilayah Kepulauan Riau.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Ing Iskandarsyah memaparkan, berkaitan dengan hankam dan strategis di Provinsi Kepulauan Riau, dimana Kepri mempunyai 4280 pulau terpisah.

Selain itu, luas daratan di kepri 4 persen. Namun dalam persepektif hankam yang menjadi permasalahan sangat rawan kejahatan teroganisir lintas Negara, ucapnya.

Iskandar mengakui, saat ini kejahatan internasional di wilayah Kepri sangat kurang terawasi. Selain banyaknya pelabuhan tikus, sementara batas wilayah Provinsi Kepulauan Riau sangat luas dan berdekatan dengan negara – negara tetangga.

Kejahatan lintas negara seperti narkoba, traifiking sangat menjadi perhatian pemerintah daerah dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kepulauan Riau, paparnya.

Pasalnya, kejahatan – kejahatan lintas negara melalui laut sangat membahayakan generasi muda kedepannya.

Sementara itu, rombongan lemhanas yang tampak hadir seperti mantan Asop Lantamal IV Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Abdul Rasyid Kacong SE, Ketua Kolompok Peserta SSDN, DR Ardi Partadinata MH Msi, Seswandah Lemhanas, Sekretaris rombongan, Kolonel CZI Moerijadi Sarwono dan sejumlah rombongan lainnya.

Selain itu, Pimpinan DPRD Kepri juga menyambut ke 29 rombongan Lemhanas tersebut, diantaranya Wakil Ketua I Ir. Hotman Hutapea, Waka II, Jumaga Nadeak.SH, Waka III, Ing Iskadarsyah dan sejumlah ketua komisi dan Frakasi DPRD Kepri berserta Sekwan DPRD Kepri, Drs. Eko Sumbaryadi.

Sedangkan, acara penutupan atas kunjungan rombongan itu juga sederhana di ruangan paripurna, dan berakhir dengan tukar pemberian cendramata dan foto bersama. Rencananya, sejumlah rombongan Lemhanas akan ke Tanjung Balai Karimun. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Apri Sujadi Siap Bersaing Pada Pilbup Bintan 2015

Read Next

Total Hadiah Meta Man Sebesar Rp1,5 Miliar