Menteri PU Harapkan Kebun Raya Batam Berkelas Dunia

Batam, IsuKepri.com – Menteri Pekerjaan Umum (PU), Joko Kirmanto menyampaikan, dengan dibangunnya Kebun Raya Batam diharapkan menjadi pioneer pembangunan Kebun Raya berkelas dunia. Hal itu juga, disampaikan Joko saat graund breaking pembangunan Kebun Raya Batam di Nongsa, Kamis (28/8).

Joko juga mengatakan, dengan di mulainya pembangunan Kebun Raya (KR) Batam di Kecamatan Nongsa diatas lahan seluas 86 Hektar ini, diharapkan menjadi penyeimbang kawasan industry dan komersial yang tumbuh pesat di Batam.

“Pada tahun 2014 ini, KR Batam dibangun dengan dana APBN Kementrian PU sebesar Rp21 miliar yang dititik beratkan pada zona penerima fasilitas yang dibangun,” papar Joko.

Joko mengutarakan, pembangunan kebun raya sebagai ruang terbuka hijau (RTH) ini juga ditujukan untuk mewujudkan kawasan perkotaan yang lebih layak huni dan berkelanjutan.

“Pembangunan kebun raya merupakan salah satu tindakan yang tepat untuk menambah RTH di kawasan perkotaan. Selain itu, juga berfungsi sebagai konservasi tumbuhan, jasa lingkungan, penelitiaan, pendidikan, dan wisata,” ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini Kementeriaan PU bersama lembaga ilmu penelitian Indonesia (LIPI) telah menetapkan 12 kebun raya yang diprioritaskan penangannya dikurun waktu 2015 – 2019 yang diantarannya, 7 KR tahap pengembangaan termasuk kebun raya Batam. (AJANG NURDIN)

Alpian Tanjung

Read Previous

55 Community Luar dan Dalam Negeri Ikuti Festival Layang – Layang

Read Next

Lion Batal Berangkat, Uang Tiket Dikembalikan 10 Persen