Kunjungan Wisman ke Tanjungpinang Naik 12 Persen

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Tanjungpinang, Juramadi Esram menyampaikan, kunjungan wisata mancanegara (Wisman) yang datang ke Tanjungpinang selama Januari hingga Juni 2014, naik sekitar 12 persen.

“Bila dibanding dengan wisman yang berkunjung ke Kota Tanjungpinang dari Januari hingga Desember 2013 lalu, sekitar 99.139 orang. Sedangkan, kunjungan wisman dari Januari hingga Juni 2014 sekitar 55.322 orang, maka kunjungan wisman dari Januari hingga Juni 2014 mengalami kenaikan sekitar 12 persen. Karena, kunjungan wisman yang masuk melebihi separoh dari 99.139 orang,” kata Esram, Munggu (17/8).

Sementara, kata Esram, bila dilihat dari kewarganegaraan wisman yang datang ke Kota Tanjungpinang, yang paling tinggi yaitu warga negara Singapura dan disusul oleh warga negara Malasyia.

“Paling tinggi wisman yang datang dari Singapura dan kedua warga Malaysia, dan data tersebut kita dapat dari Imigrasi Tanjungpinang,” ujar Esram.

Sedangkan untuk rata – rata lama menginap para wisman tersebut, sambung Esram, paling lama sekitar 3 hari yaitu di hotel berbintang dan hotel biasa.

Namun, Disparekraf tidak puas hanya kenaikan tersebut. Akann hal itu, guna meningkatkan kunjungan wisman yang masuk keTanjungpinang, masih terkendala masalah pelabuhan yang ada di Pelindo.

“Pelindo harus membenahi diri, karena pengunjung atau penumpang yang masuk merasa tak nyaman. Mulai pertama baru masuk pelabuhannya, terus lokasi parkir yang tidak teratur dan sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisman yang datang,” katanya. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Perokok : Gambar Peringatan Pada Kotak Rokok Menyeramkan

Read Next

Mantan Pejuang Kota Batam Sebut Perjuangan Belum Berakhir