55 Community Luar dan Dalam Negeri Ikuti Festival Layang – Layang

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sebayak 55 komunitas yang terdiri dari luar dan dalam negeri akan mengikuti festival layang – layang Tanjungpinang yang akan dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Tanjungpinang, pada Sabtu (30/8).

“Komunitas luar negeri tersebut meliputi 3 negara yaitu Malasyia 3 komunitas, Singapura 3 komunitas dan Thailand 2 komunitas. Sedangkan untuk dalam negeri yaitu Padang sekitar 3 komunitas, Medan 3 komunitas, Batu Sangkar 3 komunitas, Anambas 3 komunitas, Batam 3 komunitas, Tanjungpinang 7 komunitas dan Bintan 36 komunitas,” kata Kepala Bidang (Kabid) pengembangan Distinasi dan Pemasaran Wisata Disparekraf Kota Tanjungpinang, Drs Irsal, Kamis (28/8).

Dikatakan Irsal, festival layang – layang merupkan bagian dari pelaksanaan festival laut yang dilaksanakan terpisah dan bertempat dikawasan Rimba Jaya, Kelurahan Kamboja Tanjungpinang.

Pestival layang – layang ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya, dan mengobati kerinduan terhadap permainan layang – layang.

Festival layang – layang yang akan di perlombakan nanti, kata Irsal, yaitu pertama festival layang – laying wow bulan, layang kreasi dan layang wow ekor panjang dengan penilaian yang berbeda.

“Untuk layang kreasi penilaiannya, yakni semakin sulit pembuatannya semakin tinggi nilainya. Sedangakan untuk layang – layang waw ekor panjang, penilainya bukan hanya naik saja, tetapi penilaiannya mulai dari proses hingga sampai naik,” kata Irsal.

Kemudian pada malam Minggu – nya, sambung Irsal, juga ada pertunjukan yaitu ada layang – layang lampu.

Selain kategori dan juga penilaian, katanya, untuk yang menang nanti akan diberikan berupa hadiah.

“Untuk hadiah yang diperebutkan, masing – masing juara 1 hadiahnya sebesar Rp3,5 juta, juara 2 sebesar Rp2,5 juta dan juara 3 hadiahnya sebesar Rp1,5 juta,” ujarnya.

Sementara itu, untuk meramaikan acara tersebut, Disparekraf juga mengundang masing – masing sekolah. Masing – masing utusan sekolah juga diberi kesempatan untuk menaikan layang – layang yang telah disiapkan oleh panitia Disprekraf Tanjungpinang. Dan pembukaanya nanti, akan dibuka langsung oleh Walikota Tanjungpinang pada pukul 10.00 WIB. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Lis : InsyaAllah Penambahan Kuota CPNS 226 Orang Disetujui

Read Next

Menteri PU Harapkan Kebun Raya Batam Berkelas Dunia