128 Sekolah Se – Tanjungpinang Ikuti Jambore UKS

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sebanyak 128 sekolah yang terdiri dari SD/ MI, SLTP/ MTS, serta SLTA/ MA se – Kota Tanjungpinang, mengikuti Jambore Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Kota Tanjungpinang, Selasa (26/8). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang ini juga, guna memotivasi dan mendorong para siswa sebagai kader UKS yang lebih berkualitas.

Acara Jambore UKS itu juga, dibuka langsung oleh Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH di Gedung Aisyah Sulaiman.

Diacara itu juga, Lis mengatakan, UKS bisa dijalankan dengan baik bila ada kemiteraan yang baik antara Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.

Sekolah juga harus bisa mengatur manajemennya agar UKS bisa menjadi leading sector dalam pemanfaatan UKS secara optimal dan menciptakan pola hidup bersih dan sehat. Khususnya di lingkungan sekolah, papar Lis.

Menurut Lis, bersih belum tentu sehat, tapi sehat sudah pasti bersih. Jika perilaku hidup bersih dan sehat sudah ditanamkan disekolah, maka anak pun akan membawa kebiasaannya saat berada di rumah, tuturnya.

Mengingat pentingnya penyelenggaraan UKS tersebut, Lis menegaskan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang agar ada kerjasama yang sinergis dalam mengoptimalkan UKS di setiap sekolah.
Saya tidak mau lagi UKS hanya sebagai syarat saja. Pendidikan dan kesehatan adalah 2 hal yang sangat penting untuk membentuk generasi muda yang sehat dan berkualitas, katanya.

Pada kesempatan itu juga, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam SKM mengatakan, Jambore UKS ini untuk membentuk generasi muda yang sehat dan berkualitas dengan menanamkan nilai – nilai kebersihan sesuai dengan semboyan Sehat berawal dari Saya di kalangan anak didik.
Sedangkan, kata dia, Jambore UKS ini juga memperlombakan beberapa pertandingan, yaitu lomba dokter kecil, lomba poster tentang kesehatan, lomba daur ulang, serta lomba cerdas cermat.

Total peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak 289 peserta, ucapnya. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Syahrul : Perpustakaan Dapat Cerdaskan Anak Bangsa

Read Next

25 Guru Dan Siswa Akan Study Pembelajaran ke Jogjakarta