Pelindo Tanjungpinang Prediksi Mudik Lebaran Alami Lonjakan

Tanjungpinang, IsuKepri.com – PT Pelindo I (Persero) Cabang Tanjungpinang, memprediksi lonjakan arus mudik pada lebaran Idufitri tahun 2014 ini mencapai 10 persen dari hari biasanya.

“Kita memprediksi, pada lebaran ini akan mengalami lonjakan penumpang mencapai 10 persen,” kata Asisten Manager Pelayanan Terminal PT Pelindo I (Persero) cabang Tanjungpinang, Raja Nurdin yang didampingi Humas Pelindo, Erwin, Rabu (16/7) diruang kerjanya.

Dikatakan Nurdin, lonjakan arus mudik itu juga terjadi pada antar pulau, seperti tujuan Tanjungpinang – Tanjungbatu dan antar pulau lainnya. Sedangkan tujuan lainnya seperti Tanjungpinang – Batam dan juga keluar negeri ikut mengalami lonjakan. Tapi tidak begitu terlihat bila dibandingkan tujuan antar pulau tersebut.

Namun, kata Nurdin, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut, pihak Pelindo akan bekerjasama dengan instansi terkait untuk mengatur penumpang.

“Nanti kita akan menyediakan sarana dan prasarananya, seperti fasilitas tenda sebanyak 3 unit yang berada di dekat ruang tunggu tepatnya di pelabuhan. Tujuan kita, agar penumpang tidak berpanasan menunggu kedatangan kapal maupun keberangkatan kapal,” kata Nurdin.

Ia juga membandingkan arus mudik pada tahun 2012 H – 7 dan H + 7 dengan tahun 2013 H – 7 dan H + 7. Kalau tahun 2012 untuk dalam negeri, mulai dari jumlah penumpang berangkat (naik) sebanyak 23.297 orang. Kemudian yang datang (turun) sebanyak 14.329 orang. Sedangkan untuk diluar negeri sekitar 5.523 orang yang datang (turun) ke Tanjungpinang.

Untuk masyarakat yang berangkat (naik) dari Tanjungpinang keluar negeri mencapai 4.751 orang. Kemudian di H + 7 dijalur dalam negeri mulai keberangakatan mencapai sekitar 33.099 orang. Penumpang yang datang ke Tanjungpinang sekitar 28.116 orang. Sedangkan untuk luar negeri yang berangkat dari Tanjungpinang mencapai sekitar 959 orang.

Selain itu, kata dia, untuk arus mudik pada tahun 2013 H – 7 pelayaran dalam negeri mencapai 26.711 orang melakukan keberangkatan. Untuk kedatangan ke Tanjungpinang sekitar 16.251 orang. Pelayaran luar negeri untuk masyarakat yang berangkat (naik) dari Tanjungpinang keluar negeri mencapai 4.751 orang.

Kemudian di H + 7 dijalur dalam negeri mulai keberangakatan mencapai sekitar 33.099 orang. Penumpang yang datang ke Tanjungpinang sekitar 28.116 orang. Untuk luar negeri yang berangkat dari Tanjungpinang mencapai sekitar 959 orang.

Selain itu, untuk arus mudik pada tahun 2013 H – 7 pelayaran dalam negeri mencapai 26.711 orang melakukan keberangkatan. Untuk melakukan kedatangan ke Tanjungpinang sekitar 16.251 orang. untuk pelayaran luar negeri mencapai 4.531 orang berangkat dari Tanjungpinang.

Sedangkan yang datang ke Tanjungpinang mencapai sekitar 5.095 orang.

Untuk di H + 7 dipelayaran dalam negeri mencapai sekitar 7.747 orang yang berangkat dari Tanjungpinang. Dan yang datang ke Tanjungpinang sekitar 6.902 orang.

Terpisah sejauh ini, Erwin menambahkan, tidak hanya di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang saja yang diberikan tenda 3 unit. Tapi Pelabuhan Sri Bayintan Kijang juga diberikan 2 unit tenda.

“Karena kita (Pelindo) bekerjasama dengan instansi bersangkutan,” kata Erwin. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Catut Nama Kapolres, Masyarakat Tanjungpinang Dihimbau Jangan Percaya

Read Next

Kejari Tanjungpinang Belum Limpahkan Dakwaan Dedi Chandra ke Pengadilan