Wawako Inginkan Tanjungpinang Kondusif Pada Pilpres

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Dalam rangka menindaklanjuti Intruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2013, tentang penanganan gangguan keamanan dalam negeri. Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Penmas) Kota Tanjungpinang, menggelar kegiatan peran pemerintah dalam peningkatan efektifitas penanganan gangguan keamanan dalam negeri menuju pemilu Presiden RI tahun 2014.

Kegiatan itu juga, dibuka oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, di Aula Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Senin (16/6).

Dalam sambutannya, Syahrul menyampaikan, pentingnya mewujudkan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, tentunya tidak hanya menjadi keinginan dari pemerintah dan aparat penegak hukum, tetapi juga bagi masyarakat itu sendiri.

Oleh karena itu, yang dibutuhkan sekarang adalah bagaimana antara masyarakat dan pemerintah dapat menjalin hubungan yang bersinergi dalam mengupayakan terwujudnya kondisi keamanan yang stabil, sehingga dapat mendukung pembangunan di Kota Tanjungpinang ini, terlebih lagi untuk kesuksesan Pilpres 9 Juli 2014 mendatang, ujar Syahrul.

Dikatakannya lagi, menjaga ketentraman dan keamanan lingkungan adalah tanggungjawab bersama, sebagai masyarakat dan warga negara yang baik harus berperan aktif, dengan cara menyampaikan informasi sedini mungkin kepada instansi terkait atau aparat keamanan, bilamana ada tanda – tanda akan terjadinya konflik sosial di masyarakat.

Selanjutnya, bagi tokoh masyarkaat, agama, pemuda, adat, serta mahasiswa juga dapat berperan aktif sesuai jabatan yang disandang, sehingga dapat terwujudnya Kota Gurindam yang aman, tentram, dan kondusif, ucapnya.

Selain itu, Wawako juga menyampaikan, jelang bulan suci Ramadhan yang akan datang sebentar lagi, Pemko Tanjungpinang bersama FKPD dan Komonitas Intelejen Daerah (Kominda) melalui rapat beberapa hari lalu, telah mengambil kebijakan untuk menutup total tempat hiburan selama 5 hari kedepan di bulan suci Ramadhan.

Namun, dihari ke 6, saya menghimbau kepada pengelola tempat usaha, jika ingin membuka kembali tempat hiburannya, diharuskan dibuka setelah selesai Sholat Tarawih. Kebijakan ini juga, diputuskan bersama,dan perlu didukung oleh masyarakat, karena tidak semua tempat hiburan itu negatif, contohnya karauke keluarga, paparnya.

Akan tetapi, kata Syahrul, gelanggang permainan (Gelper) yang berbaur judi di Kota Tanjungpinang, harus tutup total selama bulan suci Ramadhan.

Untuk terciptanya keamanan dan kenyamanan pada pelaksanaan bulan suci Ramadhan nanti, pemeritah melalui Satpol PP, AU, AL, Polisi, Pengadilan serta instansi terkait lainnya, akan terus melakukan razia ke tempat – tempat yang memang tidak di izinkan buka pada bulan Suci Ramadhan, katanya.

Diakhir sambutannya, Syahrul juga menyampaikan kepada peserta kegiatan, dan diharapkan dapat mengikutinya dengan baik. Sehingga nantinya, dapat memberikan manfaat bagi kita semua dalam meningkatkan ketenangan dan ketentraman dalam mensukseskan Pilpres 9 Juli yang akan datang, ucapnya.

Sementara, Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Kesbangpol Penmas, Drs. H. Hasanudin menyampaikan, kegiatan itu bertujuan agar terciptanya kondisi sosial yang kondusif guna mendukung pembangunan daerah, khususnya Kota Tanjungpinang serta mengantisipasi gangguan, ancaman dan keamanan dalam masyarakat jelang menghadapi pesta demokrasi Presiden dan Wakil Presiden.

Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari, dan diikuti seluruh peserta dari instansi terkait, pengurus parpol, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Ormas, Mahasiswa, FKUB, Pemuda, Adat serta Agama, ujar Hasanuddin.

Selain itu, pada kegiatan tersebut, turut dihadiri Kepala Kesbangpol Penmas Kota Tanjungpinang, Drs. Dimyath, M.Si, Direktorat Kewaspadaan Nasional Dirjen Kesbangpol Kemendagri, Kepala Kesbangpol Penmas Provinsi Kepri, SKPD, Polres, Kepala KPU Kota Tanjungpinang, Camat, Lurah, pengurus FKUB, FPK, FKDM, tokoh masyarkat, agama, adat, pemuda serta mahasiswa. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Wan Samsi Sudah Perintahkan Pertiban Dumtruk Proyek

Read Next

KPU Tanjungpinang Belum Terima Surat Suara Pilpres