Wawako Inginkan Tanjungpinang Bebas Narkoba

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, melaksanakan penyuluhan tentang bahaya narkoba bagi generasi muda. Penyuluhan itu juga, diikuti oleh utusan pelajar SMP/ SMA se – Kota Tanjungpinang.

Kegiatan tersebut, dibuka oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, di gedung serba guna Bulang Linggi, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Senin (12/5). Pembukaan kegiatan itu juga, ditandai dengan pemasangan tanda peserta oleh Wakil Wali Kota.

Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul menyampaikan, Kota Tanjungpinang merupakan daerah berbatasan langsung dengan negara tetangga, dan tidak menututp kemungkinan, ada pengaruh negative dari negara luar yang akan mempengaruhi.

Terlebih lagi dengan bahaya narkoba. Sebagaimana, kita ketahui bersama, bahwa penyalahgunaan narkoba telah menjadi permasalahan nasional, maupun di daerah, bahkan penyalahgunaan narkoba tidak hanya terjadi dikalangan dewasa saja, tetapi sudah merambah ke kalangan anak – anak. Hal ini, tentunya cukup meresahkan bagi kita semua, ucap Syahrul.

Oleh karena itu, kegiatan penyuluhan bagi generasi muda yang dilaksanakan merupakan salah satu bentuk antisipasi dan sebagai langkah untuk meminimalisir pengguna narkoba dikalangan generasi muda di Kota Tanjungpinang.

Sehingga, terciptanya generasi muda yang sehat dari Narkoba, katanya.

Wawako mengatakan, masalah penyalahgunaan narkoba merupakan permasalahan yang cukup kompleks, permasalahan itu juga bukan menjadi tanggungjawab pemerintah dan aparat hukum saja.

Akan tetapi, permasalahan ini juga menjadi tanggungjawab masyarakat. Permasalahan narkoba, sangat terkait dengan masa depan generasi muda kita, berarti menyangkut masa depan bangsa kita, tentunya kitapun tidak boleh tinggal diam, menginggat permasalahan ini adalah masalah kita semua, papar Syahrul.

Ia mengutarakan, untuk itu mengatasi permasalahan tersebut, hal yang terpenting adalah peran aktif seluruh lapisan masyarakat. Selain itu, pendidikan moral dan keagamaan harus lebih ditekankan kepada para pelajar.

Karena, salah satu penyebab terjerumusnya pemuda kedalam lingkaran narkoba ini adalah kurangnya pendidikan moral dan keagamaan yang mereka serap, dengan upaya – upaya tersebut, kita dapat melakukan pencegahan serta penanggulangannya, dimana Kota Tanjungpinang kedepannya, mejadi kota yang terbebas dari bahaya narkoba, ujarnya.

Selain itu, Wawako berpesan, kepada para pelajar yang menjadi kader anti narkoba, setelah mendapatkan materi dari narasumber tentang bahaya narkoba, untuk dapat menyebarluaskan informasi kepada teman – teman, baik itu di sekolah, keluarga maupun masyarakat di sekitar lingkungan masing – masing.

Untuk itu, seluruh lapisan masyarakat agar lebih aktif dan peduli terhadap pencegahan dan penyalahgunaan narkoba, baik di kalangan dewasa maupun pelajar, katanya.

Pada kesempatan itu juga, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tanjungpinang, Drs. M. Juramadi Esram, MT, mengemukakan, tujuan dilakukannya kegiatan tersebut, merupakan untuk memberi pengetahuan tentang bahaya narkoba bagi pelajar.

Kepada seluruh peserta, kita memberikan pengetahuan terhadap bahaya narkoba, apapun jenisnya, serta menanamkan pemahaman kepada mereka agar tidak mendekati narkoba dengan cara apapun, ucapnya.

Selain itu, kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut, diikuti oleh peserta sebanyak 100 orang, terdiri dari perwakilan setiap siswa – siswi SMP/ SMA se – Kota Tanjungpinang. Narasumber pada penyuluhan itu juga berasal dari BNN Pusat, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta, Dinas Kesehatan, serta Kepolisian.

Dalam kegiatan itu juga, dihadiri oleh artis Ibu Kota, Lula Kamal, Kepala SKPD, Camat, Lurah serta tamu undangan lainnya. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Usai Membunuh, Terdakwa Makan Celana Dalam Korban

Read Next

ICW Telusuri Rekam Jejak Kandidat KASN