Wawako Buka Jambore Kader Posyandu Tingkat Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, membuka ratusan kader posyandu se – Kota Tanjungpinang serta menggelar Jambore kader Posyandu tingkat Kota Tanjungpinang. Acara tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan di Lapangan Pamedan A. Yani, Tanjungpinang, Senin (19/5).

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota, Syahrul mengatakan, posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan untuk bersama masayarakat. Hal itu juga, guna memperdayakan masyarakat serta memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh kesehatan.

Dengan posyandu, dapat meminimalkan angka kematian ibu melahirkan dan bayi. Selain itu, jasa kader posyandu sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi. Maka dari itu, melalui jambore posyandu ini, kita dapat memupuk semangat kader posyandu yang selama ini bekerja tanpa pamrih dalam mewujudkan kesehatan ibu dan anak, kata Syahrul.

Perkembangan jumlah posyandu di Kota Tanjungpinang, saat ini sangat menggembirakan, karena hampir setiap RW minimal terdapat satu posyandu balita dan lansia. Untuk itu, Syahrul mengaharapkan kepada seluruh elemen kesehatan, TP PKK serta instansi terkait, agar dapat menggerakkan dan memperdayakan masyarakat, sehingga seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang sadar dan mampu untuk hidup sehat, sehingga dapat mewujudkan visi masyarakat yang mandiri untuk sehat.

“Kepada, Dinas Kesehatan, TP PKK, Camat, Lurah, serta seluruh kader – kader yang telah berpartisipasi secara sukarela dan bersemangat, saya ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya, dan selamat mengikuti pelombaan, bersainglah dengan sportifitas,” ujarnya.

Terpisah, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Yuniarni Pustoko Weni, mengucapkan terimakasih kepada seluruh kader posyandu dan tetap semangat dalam mewujudkan kesehatan ibu dan anak.

“Selain itu, kepada para kader yang telah berpartisipasi dalam perlombaan ini, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan khususnya di bidang kesehatan, katanya.

Begitu juga yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, SKM, M.si. Ia menyampaikan, pelaksanaan kegiatan tersebut, guna meningkatkan kinerja kader posyandu yang berbasis masyarakat.

Selain itu juga, jambore posyandu ini, sebagai bentuk silahtuhrahmi antar kader posyandu serta sebagai ajang berbagi pengalaman antar kader posyandu.

Selanjutnya, Rustam menyampaikan, kegiatan ini akan diisi dengan berbagai perlombaan, antara lain lomba penyuluhan kader posyandu, lomba celoteh kader posyandu, lomba daur ulang sampah rumah tangga, lomba pengisian Kantu Menuju Sehat (KMS), lomba pembuatan makanan penganti ASI, serta lomba pelayanan posyandu, dan diikuti 126 orang kader posyandu utusan masing – masing kelurahan.

“Saat ini, Kota Tanjungpinang memiliki 125 posyandu balita, dengan jumlah kader aktif sebanyak 811 orang. Sedangkan posyandu Lansia berjumlah 25 posyandu dengan kader aktif sebanyak 145 orang, katanya.

Pada acara itu juga, turut hadir Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, FKPD, para Asisten, Staf Ahli, SKPD, Camat, Lurah, Ketua TP PKK, Hj. Yuniarni Postoko Weni, Ketua GOW Kota Tanjungpinang, Juariah Syahrul serta peserta jambore kader posyandu. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Wawako Tanjungpinang Buka Sampul UN di SD 002

Read Next

Syahrul : Pemadam Kebakaran Sebagai Barisan Terdepan