Wali Kota Serahkan 5.662 Kartu BPJS Kesehatan

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH menyerahkan 5.662 kartu BPJS Kesehatan kepada kepada masyarakat Kota Tanjungpinang, pada Minggu (4/5), di aula Bulang Linggi Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang.

Penyerahan itu juga, dilakukan berbarengan dengan acara launching integrasi jaminan Kesehatan Daerah Kota Tanjungpinang ke BPJS Kesehatan.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menyampaikan, peserta BPJS Kesehatan tersebut merupakan peserta eks Jamkesmas, ASKES PNS, Jamsostek, dan ASABRI. Adapun kuota untuk peserta BPJS Kota Tanjungpinang sendiri sebanyak 15.000. Namun sebagai tahap awal dan berdasarkan verifikasi kelengkapan administrasi, maka tahap pertama ditetapkan sebanyak 5.662 warga miskin dan kurang mampu untuk diberikan bantuan iuran sebagai peserta BPJS terhitung sejak 1 Mei 2014.

Bila nanti ada warga lainnya yang telah dapat melengkapi administrasi sebagaimana yang dibutuhkan, maka dapat dimasukkan juga sebagai peserta BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) Kota Tanjungpinang periode berikutnya hingga 15.000 jiwa sesuai kuota yang ada, ucap Lis.

Dikatakan Lis, pemberian kartu BPJS belum tentu menjamin akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Sebab, Pemko Tanjungpinang masih akan memberikan bantuan biaya transportasi dan biaya hidup bagi pasien dan 1 orang pendamping keluarga saat dirujuk berobat ke luar daerah, papar Lis.

Kedepannya, Lis mengatakan, akan terus melakukan perbaikan sarana dan prasarana kesehatan lainnya. Dan tentunya, Pemko juga berharap bantuan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

Tahun 2014 ini, Pemerintah Kota Tanjungpinang akan melakukan beberapa peningkatan sarana dan prasarana kesehatan, diantaranya peningkatan gedung IGD RSUD Tanjungpinang dengan bantuan APBD Provinsi Kepri dan peningkatan Puskesmas Batu 10 sebagai puskesmas berstandar ISO dengan dana APBD Kota Tanjungpinang, ucap Lis.

Selain itu, pada acara launching integrasi jaminan kesehatan daerah Kota Tanjungpinang ke BPJS kesehatan tersebut, turut dihadiri oleh Sekjen Kementerian Kesehatan RI dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS, Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan RI dr. Yudhi Prayudha Ishak Djuarsa, MPH, Direktur SDM dan Umum BPJS Pusat dr. Taufik Hidayat, serta seluruh jajaran di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang beserta masyarakat Kota Tanjungpinang. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Manchester City Rebut Posisi Puncak dari Liverpool

Read Next

Pengacara Pemko Tak Terdaftar di Peradi Tanjungpinang