Sebelum UN, Khazalik Berikan Motivasi Siswa SMP 6 Bintan

Bintan, Isukepri.com – Sebelum pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SLTP yang digelar pada Senin (5/5), Wakil Bupati Bintan Khazalik terlebih dulu memberikan motivasi kepada 60 siswa SMP Negeri 6 Bintan di Tembeling, Kecamatan Teluk Bintan

Khazalik menganjurkan agar lebih dulu berdoa kemudian siswa diminta bersungguh-sungguh mengikuti UN dan mengerjakan soal-soal dengan teliti.

“Berdoalah dengan khusuk, meminta dukungan orang tua,” pintanya.

Anak Bintan, lanjut Khazalik, harus menjadi anak yang sukses. Dimasa depan harus menjadi tuan rumah di daerah sendiri. Potensi Kabupaten Bintan yang besar dari sisi sumberdaya alam, sumberdaya kelautan, maupun sumberdaya manusianya yang unggul harus dimanfaatkan oleh anak Bintan, yang saat ini masih duduk di bangku sekolah.

“Kalianlah yang harus mengolah semuanya, jangan orang lain. Anak daerah harus berkecimpung dan menjadi yang terdepan dalam memajukan dan memimpin daerah,” harapnya.

UN SMP sederajad ini, akunya, hingga saat ini belum ada laporan dari sekolah maupun dari Dinas Pendidikan dan UPT Disdikpora, terkait kekurangan soal maupun soal yang tertukar. Begitu juga dengan keterlambatan pengiriman soal ke setiap sekolah.

“Mudah-mudahan hingga akhir UN semuanya lancar. Dari sekolah yang di daratan, hingga sekolah di pulau-pulau belum ada laporan permasalahan dan kendala-kendala,” ungkapnya.

Fasilitas sekolah dukungan dari pemerintah, menurutnya sangat banyak, mulai dari sarana prasarana pokok maupun penunjang, dari ruang kelas belajar, hingga ke laboratorium dan perpustakaan. Supaya kualitas lulusan semakin meningkat.

“Kita berharap lulus 100 persen. Tetapi juga nilai rata-ratanya semakin tinggi, dan seluruh anak SMP yang lulus ini melanjutkan ke Sekolah Menengah tingkat Atas (SMA) sederajad. Jangan sampai ada anak Bintan yang tidak melanjutkan ke SMA,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan Lamidi, menambahkan, dari laporan Dinas Pendidikan, tidak semua siswa lulusan SMP di Bintan melanjutkan sekolahnya di Bintan. Tetapi ada yang di Tanjungpinang maupun di Batam.

“Dari data yang melanjutkan ke SMA di Bintan sering kelihatan ada yang kurang, misalnya dari 1.800 anak yang lulus SMP, ternyata yang terdaftar masuk di SMA hanya 1.750, lalu yang 50 lulusan itu kemana, apakah tidak sekolah. Ternyata setelah ditelusuri, mereka ini melanjutkan SMA-nya di Tanjungpinang maupun di Batam. Jadi mereka tetap sekolah,” terang Lamidi. (HK)

suprapto

Read Previous

Aziz Sattar Meninggal Dunia

Read Next

Penabrak Samjini Divonis 9 Bulan Penjara