Disdikbud Adakan Lomba TSDC Tingkat SLTA Se Kota Tanjungpinang

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tanungpinang, mengadakan lomba debat mengunakan bahasa Inggris “Tanjungpinang School Debating Championship (TSDC) tahun 2014 ” tingkat SLTA se – Kota Tanjungpinang, Rabu (28/5) di Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang. Pelaksanaan debat TSDC itu juga, merupakan usaha memperkuat daya saing bangsa dalam persaingan global.

Lomba ini terus berkembang dibanyak negara, terutama dalam ranah pendidikan. Lomba ini juga, menggabungkan kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan berkomunikasi efektif, ucap Kepala Disidikbud Kota Tanjungpinang, Dadang.

Dadang mengatakan, debat bahasa Inggris TSDC ini juga, sudah menjadi kebutuhan dunia akademik siswa. Tuntutan kopetensi penguasaan pengetahuan global menjadi salah satu alasan mengapa debat bahasa Inggris perlu menjadi bagian akdemik.

“Disini, siswa dituntut tidak hanya mengetahui isu – isu global, tetapi harus bisa menganalisisnya secara langsung dan meyakinkan publik. Karena, debat ini sangat penting untuk peningkatkan kualitas pendidikan Indonesia,” katanya.

Selain itu, kata dia, kegiatan lomba debat TSDC tersebut, bertujuan untuk meningkatkan daya saing antar siswa SLTA, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara lisan, dan menciptakan kopetensi yang sehat bagi siswa. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analis, sehingga siswa mampu bersaing di tingkat provinsi, nasional maupun internasional dan kemampuan siswa dalam memyampaikan pendapat secara logis dan sistimatis.

Sedangkan, pemenang pada TSDC ini, akan menjadi duta delegasi kota ke tingkat provinsi dan untuk selanjutnya ke tingkat nasional dan internasional di Atlanta Turki, paparnya.

Oleh karena itu, debat bahasa Inggris merupakan media yang tepat dalam melatih kemamapuan argumentasi siswa dalam skala internasional. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

BPJS Ketenagakerjaan Bantu 100 Siswa Kurang Mampu di Bintan

Read Next

Lis : 75 Persen Pendidikan Diperoleh Siswa Dari Rumah