Dinkes Tanjungpinang Gelar Sunatan Massal Gratis

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang terhadap masyarakat dalam pelayanan kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang menggelar sunatan massal gratis, di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Kamis (15/5).

Kegiatan itu juga, di buka oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, yang ditandai dengan penyerahan bingkisan kepada peserta khitanan massal.

Pada kesempatan itu, Syahrul mengatakan, sunatan massal yang digelar Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang ini, merupakan wujud kepedulian sosial dari pemerintah kepada masyarakat, serta terhadap pelayanan kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat yang mempunyai permasalahan biaya.

Tidak ada masyarakat yang tidak mendapat pelayanan kesehatan, tidak ada lagi anak – anak yang tidak mendapatkan pendidikan, ujar Syahrul.

Menurut dia, dalam ajaran Islam, khitanan merupakan anjuran dari Nabi yang wajib dilaksanakan. Selain itu, khitanan juga mempunyai faedah bagi kesehatan. Karena, kebersihan sebagian dari Iman, ucap Wawako.

Untuk itu, Syahrul menghimbau kepada Lurah – Lurah untuk lebih cermat dalam mencari serta mendata warganya yang masih kurang mampu, terutama bagi anak – anak yang orang tuanya kurang mampu.

Sehingga, apa yang menjadi tujuan utama pemerintah dalam membantu memenuhi kebutuhan di masyarakat, meringankan beban masyarakat, dapat kita realisasikan dan tepat sasaran, paparnya.

Selain itu, Syahrul juga mengapresiasi kepada orang tua yang telah membawa anak – anaknya untuk di khitan, dan yang telah berpartisipasi serta mendukung terselenggaranya khitanan missal tersebut.

Kemudian, kepada masayarakat agar dapat terus bersinergi dengan pemerintah, sehingga apresiasi masyarakat dapat tercapai. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, dan berharap di tahun – tahun yang akan datang, kegiatan ini terus di tingkatkan. Selain itu, bagi anak – anak yang sedang di khitan, bapak ucapkan selamat, dan semoga lekas sembuh, ucapnya.

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam menyebutkan, acara khitanan massal ini sebagai wujud dari Visi Misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang, agar Tanjungpinang yang sejahtera, berakhlak mulia, dan berwawasan lingkungan dengan pemeritahan yang bersih, transparan, akuntabel serta melayani.

Bukti dari pelayanan masyarakat, diwujudkan dengan kegiatan khitanan massal ini. Ke depan, kegiatan seperti ini bisa terus berkelanjutan, karena selain baik untuk kesehatan, kegiatan seperti ini dapat membantu keluarga yang kurang mampu, ucapnya.

Sementara, khitanan massal itu juga, diikuti 300 peserta, kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak 13 Mei 2014, di Kampung Bugis, dengan jumlah anak yang di khitan sebanyak 32 orang.

Pada hari ini, jumlah anak yang akan di khitan sebanyak 130 – 150 orang, dan dilakukan secara bergilir hingga nanti malam. Untuk meja yang disediakan pada khitanan massal ini sebanyak 10 meja. Penyunatan dilakukan oleh Tim Medis, kami juga melayani apabila selesai pemotongan, orang tua dapat membawa anak – anaknya untuk mengecek bekas khitanan, penanganan dilakukan di Puskesmas dan di Dinas Kesehatan, katanya.

Pada kegiatan itu juga, turut hadir Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, Ketua GOW Kota Tanjungpinang, Juariah Syahrul, para Asisten, Staf Ahli, Camat, Lurah, orang tua peserta serta anak – anak peserta khitanan masal. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Ekonomi Kepri Tumbuh 5,21 Persen di Triwulan I 2014

Read Next

HMI Harapkan Batam Kondusif Jelang MTQ Nasional