BKP Kepri Lakukan Pembinaan Bagi Penyuluh dan Petani

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melakukan kegiatan pembinaan dan aspresiasi bagi penyuluh dan petani se – Kepri. Kegiatan itu juga, dalam rangka memilah – milah dan mengembangkan usaha petani khususnya di Provinsi Kepri.

Acara pembinaan tersebut, dibuka oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kepri, Ir. Amir Faizal, MM dan narasumber berasal dari Badan Ketahanan Pangan Pusat Kementerian Pertanian RI, dan dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai sejak 6 – 8 Mei 2013 di Hotel Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kepri, Ir. Amir Faizal, MM mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan tersebut, bagaimana menumbuhkembangkan usaha bidang pertanian. Kemudian, bagaimana peran – peran penyuluh dalam membimbing dan mendampingi para petani – petani yang ada di Provinsi Kepri saat dilapangan.

“Dengan pembinaan yang kita berikan, nantinya bagaimana untuk mengembangkan usaha dan juga nanti kita akan memberikan apresiasi bagi petani dan penyuluh yang berhasil,” papar Faizal, Kamis (8/5).

Namun, kata dia, sebelum diberikannya penilaian dan apresiasi tersebut, Badan Ketahanan Pangan Kepri, dan pihak sumber daya manusia Ketahanan Pangan Pusat Kementerian Pertanian RI yang akan menilai.

Selanjutnya, kata Faizal, setelah diberikan pembinaan dan apresiasi bagi penyuluh, nantinya bagiamana menyiapkan data – data kondisi pertanian dan perikanan di wilayah Kepri agar dapat menyiapkan sebuah data pogram.

“Mereka dapat menyiapkan kebutuhan – kebutuhan sarana dan prasarana. Kemudian memfasilitasi akses – akses pembiayaan, seperti ke Bank untuk pengembangan usaha termasuk bantuan. Lalu setelah itu, dibuatlah rencana – rencana kerja kebutuhan perikanan dan pertanian,” ucap Faizal.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Amir berharap agar dapat berkembang dan dapat memenuhi kosumsi lokal khusus di Provinsi Kepri.

“Kita bukan daerah penghasil dan lahan kita terbatas khususnya di Provinsi Kepri. Namun dengan lahan yang ada ini, bagaimana kita optimalkan, sehingga kebutuhan pangan bisa terpenuhi, minimal untuk kebutuhan daerah yang ada di Kepri,” ujarnya. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Lahan Eks Tambang di Sei Enam Belum Direklamasi

Read Next

Warga Binaan Yasinan di Masjid Rutan Tanjungpinang