Bantuan DKP Bintan Dinilai Tak Tepat Sasaran

Bintan, IsuKepri.com – Seorang nelayan tradisional di Kijang, Gafar, menilai bantuan yang di salurkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bintan terhadap nelayan – nelayan kecil, banyak tidak tepat sasaran. Pasalnya, masih banyak nelayan kecil di perairan Bintan dan asli nelayan tempatan tidak mendapat bantuan.

“Saya sendiri, sudah tiga tahun ini menjadi nelayan, perahu dan mesin saya beli sendiri dengan teman. Meski bekas, yang penting bisa untuk melaut dan bisa memenuhi kebutuhan hidup,” ujar Gafar, Rabu (14/5) di Kijang.

Namun, Gafar mengaku, bantuan yang di berikan DKP Bintan itu juga, tidak sesuai yang diinginkan oleh nelayan. Karena bantuan perahu itu diusulkan dari kelompok – kelompok nelayan.

“Ya, yang dapat bantuan dari golongan mereka – mereka saja, dan tanpa melalui survey terhadap nelayan yang pantas diberikan bantuan. Ironisnya lagi, ada sebagian nelayan yang mendapat bantuan itu, mereka menjualnya lantaran pecah kongsi dengan rekan kelompoknya atau disebabkan oleh faktor lainnya,” paparnya.

Padahal, kata Gafar, menjual barang bantuan dari pemerintah itu melanggar hukum. Nyatanya, saat ini belum ada yang di tindak. “Kita harapkan pemerintah lebih selektif memberikam bantuan itu, dan jika kedapatan nelayan yang menjual bantuan itu diberikan sanksi,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala DKP Kabupaten Bintan, Wan Rudy Iskandar menegaskan, bantuan yang diberikan kepada nelayan dengan alasan apapun tidak boleh di perjualbelikan. Pihaknya juga akan membekklis nelayan atau kelompok nelayan yang menjual bantuan itu kepada pihak lain.

“Kita tidak berikan lagi bantuan itu kepada nelayan yang melanggar, karena sudah ada surat perjanjiannya,” ujarnya. (RAMDAN)

Alpian Tanjung

Read Previous

Pemko Panggil PLN Terkait Pemadaman Listrik

Read Next

JPU Hadirkan 9 Saksi Dalam Sidang Baharuddin