Afifah Terpilih Sebagai Duta Lingkungan Hidup Tanjungpinang 2014

Duta Lingkungan Hidiup Kota Tanjungpinang, Afifah Damayanti
Duta Lingkungan Hidiup Kota Tanjungpinang, Afifah Damayanti

Tanjungpinang. IsuKepri.com – Pembentukan dan pembinaan kader Lingkungan Hidup yang digelar Badan Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang, di Hotel Sunrise kemarin, Afifah Damayanti terpilih sebagai Duta Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang 2014.

Siswi kelas 8 F di SMP Negeri 1 Kota Tanjungpinang ini juga, merupakan Duta Lingkungan Hidup yang terpilih dari 48 peserta tingkat SMP/ MTs se – Kota Tanjungpinang. Dalam visi dan misinya, Afifah bisa mensosialisasikan dan mengajak generasi muda untuk bisa menjaga lingkungan.

“Karena, saya berfikir semua hal besar itu berasal dari hal kecil dulu. Maka, saya akan bersosialisasi ke keluarga terlebih dulu, tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup,” kata putri kelahiran Tanjungpinang, 20 Oktober 1999 dari pasangan Nofian Propita dan Sulistiawarni.

Beranjak dari keluarga, Afifah yang memiliki kembaran tersebut, melanjutkan sosialisasi tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup ke kalangan teman sekolah dan orang – orang terdekatnya.

“Apabila dari sekarang kita tidak menjaga lingkungan, maka berdampak pada anak cucu kita nanti. Bukan hanya dampak kecil, tetapi berdampak besar buat generasi berikutnya, sebab itu sangat penting untuk menjaga lingkungan ini,” tegas Afifah.

Kurangnya kesadaran untuk menjaga lingkungan yang diamatinya kini, Afifah berharap kepada sekolah dan masyarakat untuk bisa peduli dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan di kota tercinta Tanjungpinang ini.

Pada kesempatan itu juga, Kasubid Penegakkan Hukum Lingkungan BLH Kota Tanjungpinang, Fabrina Kahar mengatakan, pembentukan dan pembinaan kader lingkungan hidup yang digelar pada 8 – 10 Mei 2014 tersebut akan diperkuat dengan aktifitas praktik.

“Kedepannya kita berencana melibatkan duta dan para kader lingkungan hidup ini untuk setiap event kota berbau lingkungan. Seperti melibatkan mereka menjadi narasumber dan berperan aktif pada praktiknya dari pada teori,” ucap

Jadi sambungnya, selain Afifah Damayanti, juga ada sembilan kader lainnya, antara lain Aliyah Damayanti di posisi ke dua dan pada urutan ke tiga di raih oleh M. Miqdad, pada urutan berikutnya Ranti Sulistianingsih, M. Wahyu Hidayat, Tri Erica, Desra Murseha, Febri Wahyudi, M. Syukri dan terakhir diraih Ega Febri Yulia.

Tambahnya, pihak BLH Kota Tanjungpinang juga mendatangkan Adeline Tiffanie Suwana sebagai narasumber sekaligus berbagi pengetahuan dan pengalamannya kepada para peserta.

“Adeline mengatakan, untuk wilayah Sumatera, di Tanjungpinang inilah pertama kali dikunjunginya,” kata Fabrina.

Peraih The International Diana Award 2013 dari Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron tersebut juga merencakan penawaran percobaan beberapa programnya bersama terbentuknya kader Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang 2014.

“Adeline Teffanie juga bersedia memberikan beberapa program untuk dicobakan ke Tanjungpinang dan kita berharap, dengan terbentuknya kader dan terpilihnya duta lingkungan hidup ini, dapat memberikan perubahan untuk Tanjungpinang

lebih baik lagi,” papar Fabrina. (SAUD MC)

Alpian Tanjung

Read Previous

Manchester City Raih Trofi Liga Premiere Inggris

Read Next

Teras SD 009 Rawasari Terendam Air