SMPN 4 Tanjungpinang Optimis Raih Adiwiyata Nasional

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Tanjungpinang, optimis meraih Adiwiyata tingkat Nasional. Pasalnya, sekolah tersebut selalu giat menjalankan berbagai program yang bernuansa lingkungan hidup.

Kepala SMPN 4 Tanjugpinang, Yulismar menyampaikan, bahwa berbagai pihak di lingkungan sekolahnya, mulai dari majelis guru, siswa sampai ke warga kantin, semua bekerjasama untuk bisa meraih Adiwiyata tingkat Nasional tersebut.

Mengingat sempat masuk nominasi, namun gagal meraih Adiwiyata Nasional pada tahun sebelumnya. Justru menurut Yulismar, di tahun 2014 SMPN 4 Tanjungpinang kembali bertekad dan optimis dengan harapan keberhasilan memperoleh Adiwiyata tingkat Nasional.

“Pada tahun lalu kita sudah masuk nominasi, tetapi mungkin belum rezeki, sehingga gagal meraih Adiwiyata. Kali ini kami bertekad semoga tahun ini berhasil meraih Adiwiyata,” kata Yuslimar, Rabu (23/4).

Menurut Yulismar, semua kegiatan di SMPN 4 Tanjungpinang basisnya tentang peduli lingkungan, dari pembelajaran sampai ke kegiatan Pramuka peduli lingkungan.

Selain itu, pemanfaatan Screen House yang diberikan Badan Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang dikelola baik oleh SMPN 4 Tanjungpinang, dengan panen perdana pada Selasa 22 April 2014 kemarin yang dilakukan pihak sekolah bersama dinas terkait.

“Selain mendapat binaan dari BLH Kota Tanjungpinang, kita juga mencari sumber ilmu dari internet dan sumber yang lain. Sehingga, dari mulai pembibitan, pembudidayaan sampai panennya, tanaman yang dibudidayakan hanya menggunakan air ini juga ikut ke dalam pembelajaran biologi, bisa juga matematika. Selian menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan, yang paling penting bisa menanamkan jiwa enterprener pada siswa,” paparnya.

Meskipun sedang giat memanfaatkan Screen House yang menurutnya, mungkin merupakan sesuatu yang tidak banyak ada di Tanjungpinang, sekolah tersebut juga terus aktif memanfaatkan dan mengelola Green House yang juga diberikan BLH Kota Tanjungpinang tersebut.

“Kita juga sudah mempersiapkan siswa untuk mengikuti duta lingkungan se Kota Tanjungpinang. Tentunya, tiga siswa utusan sekolah ini menguasai program Adiwiyata,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, harapnya, pihak BLH Kota Tanjungpinang, pemerintah dan masyarakat, mendukung agar SMPN 4 Kota Tanjungpinang berhasil meraih Adiwiyata tingkat Nasional tersebut. (SAUD MC)

Alpian Tanjung

Read Previous

Forum Dosen Minta Kemendikbud Tunjuk Plt Rektor Umrah

Read Next

Lis Minta BUMD Tanjungpinang Bongkar Penambahan Bangunan KUD