Ratusan Ribu Calon Mahasiswa Berebut Kuliah di UGM & UNY

Yogyakarta, Isukepri.com – Sekitar 100 ribu siswa kelas XII SMA, SMK, dan MA dari berbagai daerah berebut peluang kuliah di kampus negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta lewat jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Hingga beberapa jam sebelum penutupan pendaftaran SNMPTN, yakni Senin (31/3) siang,  dua perguruan tinggi negeri (PTN) di DIY, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), masing-masing menerima pendaftar sekitar 56 ribu dan 45 ribu. Jumlah ini diperkirakan masih akan terus bertambah mengingat pendaftaran online baru ditutup pada Senin petang.

Juru bicara UGM, Wijayanti, mengatakan angka pendaftar SNMPTN di UGM sebanyak 56 ribu itu merupakan hasil pendataan pada Jumat malam atau tiga hari sebelum penutupan. Data terakhir belum tercatat semuanya karena ada libur panjang sejak Sabtu hingga Senin. “Tahun ini, dari jalur SNMPTN, UGM akan menerima hanya 3.316 mahasiswa baru,” kata Wijayanti.

Beragam jurusan favorit pilihan pendaftar SNMPTN di UGM tak banyak berubah dari tahun lalu. Menurut Wijayanti, jurusan program sarjana akuntansi, manajemen, farmasi, kategori teknologi informasi, dan gizi kesehatan menjadi pilihan banyak pendaftar. “Ini masih mirip-mirip tahun lalu,” katanya.

Kepala Bagian Humas Panitia SNMPTN di UNY, Anwar Effendi, mengatakan kampusnya tahun ini menerima mahasiswa baru dari jalur SNMPTN sekitar 2.400-an saja. Sampai Senin siang, 31 Maret 2014, kampus ini sudah menerima pendaftar di jalur SNMPTN sebanyak 44.906. “Pendaftar terbanyak tetap dari DIY dan Jawa Tengah,” katanya.

Anwar merinci jumlah pendaftar SNMPTN di kampusnya untuk jalur bidik misi mencapai sekitar 11.736. Sedangkan yang menjadikan UNY sebagai pilihan pertama ada 19.198 pendaftar. “Yang memilih UNY jadi pilihan kedua sebanyak 25.708,” katanya.

Adapun program studi milik UNY dengan peminat terbanyak ialah manajemen dan pendidikan guru SD (PGSD), yakni dipilih oleh 5.884 dan 5.058 pendaftar. “Pendaftaran resmi tutup pada Senin pukul 18.00,” katanya.

Jumlah pendaftar SNMPTN dengan pilihan PTN di DIY tahun ini lebih sedikit dari tahun lalu. Pada SNMPTN 2013 lalu, jumlah pendaftar yang memilih UGM, UNY, dan UIN Sunan Kalijaga tercatat ada 130.886 orang. Kampus terfavorit di DIY seperti UGM pada 2013 lalu dipilih 72 ribu pendaftar.

Direktur Direktorat Akademik Universitas Gadjah Mada (UGM) Sri Peni Wastutiningsih pernah mengeluhkan hal ini. Sampai dua pekan sebelum penutupan, jumlah pendaftar SNMPTN di kampusnya baru mencapai 30-an, kata Sri. (tempo)

suprapto

Read Previous

Pemerintah Hapus Subsidi Lima Kapal Pelni

Read Next

Berkunjung ke Kampung SBY, Jokowi Disambut Ribuan Warga Pacitan