Pemkab Usulkan ke Pusat Lintas Barat Jadi Jalan Nasional

Bintan, Isukepri.com – Bupati Bintan, H Ansar Ahmad dan jajaran Pemkab Bintan saat menghadiri kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta, Selasa (29/4) Pemkab Bintan mengusulkan agar pemerintah pusat menerbitkan SK penetapan status jalan Lintas Barat sebagai jalan nasional.

Bupati Bintan, H Ansar Ahmad, mengatakan, saat ini Pemkab Bintan sulit meningkatkan sarana dan prasarana jalan Lintas Barat dari KM 16 Toapaya ke Busung. Karena, status jalan itu masih jalan strategis nasional. Sehingga, Pemkab maupun Pemprov kesulitan dalam pengalokasian anggaran. Jika statusnya sudah ditetapkan Jalan Nasional, pemerintah pusat yang bertanggungjawab untuk meningkatkan kualitasnya.

“Kita minta agar kementerian PU menerbitkan SK penetepan Jalan Lintas Barat itu sebagai jalan nasional. Sehingga setiap tahun pemerintah pusat bisa mengeluarkan dana untuk peningkatan kualitas atau perawatan,” ujarnya, Senin (28/4).

Kepala Dinas PU Bintan, Juni Rianto, mengungkapkan, penerbitan SK status jalan itu biasanya dikeluarkan pemerintah pusat dalam kurun waktu 4 tahun sekali. Tahun 2009 lalu, Jalan Lintas Barat Bintan belum masuk dalam status jalan nasional. Tahun 2014 ini, pemerintah pusat belum menerbitkan status jalan strategis nasional itu. Pemkab berharap agar tahun 2014 ini ditetapkan sebagai jalan nasional. Sehingga perawatan bisa dimasukan dalam APBN.

“Kita akui jalan Lintas Barat Bintan saat ini baru dilakukan pengaspalan lapis pertama dan perlu dilakukan overlay. Tapi karena bukan jalan kabupaten, kita tidak bisa mengalokasikan dana. Begitu juga Pemprov, sulit mengalokasikan dana pembangunan atau perawatan jika status belum ditetapkan. Ini yang harus didudukan lagi,” tambah Juni.

Selain itu, Juni Rianto mengungkapkan, Pemkab dalam kegiatan Musrenbangnas di Jakarta akan memperjuangkan anggaran untuk pembangunan lanjutan Jalan Lintas Barat dari KM 16 Toapaya menuju Bintan Timur. Upaya pembangunan itu bertujuan untuk mempercepat akses transportasi di wilayah Bintan.

“Kita minta pusat segera mengalokasikan dana pembangunan Jalan Lintas Timur itu. Karena dalam rapat regional wilayah Sumatera di Novotel lalu, Kementerian PU sudah menjanjikan untuk Jalan Lintas Timur di Bintan. Kita akan lihat pada saat Musrenbangnas nanti. Kita berharap tahun 2015 sudah dialokasikan dana dari APBN untuk Lintas Timur,” jelasnya. (TP)

suprapto

Read Previous

Wabup Buka Turnamen Basket Perbasi Bintan Cup I

Read Next

Syahrul : Wanita Adalah Pilar Bagi Negara