Lis Buka Pekan Panutan Pembayaran PBB Bagi PNS

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmasyah SH, membuka pencanangan pekan panutan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan honorer di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang, Rabu (23/4) di halaman kantor DPPKAD Kota Tanjungpinang.

Pencanangan pekan panutan pembayaran PBB itu juga, dilaksanakan oleh Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Tanjungpinang.

“Sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, PNS dan Honorer sudah sepantasnya menjadi panutan yang baik bagi masyarakat, salah satunya dalam membayar pajak,” kata Lis.

Lis mengatakan, sektor pajak masih tetap menempati urutan pertama sumber pendapatan asli daerah (PAD) Kota Tanjungpinang, mengingat Kota Tanjungpinang bukanlah daerah penghasil. Di Indonesia secara umumnya, income terbesar juga berasal dari sektor pajak.

Oleh karena itu, Lis mengingatkan agar masyarakat sadar dan mau membayar pajak, mengingat bayar pajak merupakan kewajiban bagi seluruh warga Negara Indonesia.

Untuk mendorong masyarakat agar sadar dan taat pajak, Lis juga menghimbau kepada dinas terkait bersama camat dan lurah agar selalu melakukan sosialisasi tentang pembayaran pajak, yang sekarang sudah bisa dilakukan pembayaranya di kantor pos terdekat. Selain itu, birokrasi dalam pembayaran pajak terhutang, memang sudah seharusnya dievaluasi kembali demi untuk mempermudah masyarakat dalam melunasi pajaknya.

Sementara untuk peningkatan realisasi penerimaan PBB sektor perkotaan tahun 2013, kata Lis, mengalami peningkatan dibanding tahun 2012 sebanyak Rp3 miliar. Tahun 2014 tentunya diharapkan juga mengalami peningkatan, mengingat ada sebanyak 77.422 objek pajak yang sudah ditetapkan.

“Mudah – mudahan bisa terlaksana kedepanya, tentunya dengan mentaati dan sadar dengan keweajibanya membayar pajak,” kata Lis.

Terpisah, Kepala DPPKAD Kota Tanjungpinang, Darmanto menyampaikan, tahun 2014 Pemko Tanjungpinang sudah bekerjasama dengan Bank BTN dan PT. Pos Indonesia dalam pembayaran pajak.

“Hal ini untuk memberikan pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat dalam membayar pajak. Oleh karena itu, PNS dan Honorer di lingkungan Pemko Tanjungpinang serta para stakeholder Pemko, menjadi sasaran utama dalam kegiatan ini, dengan demikian dapat memberikan contoh bagi masyarakat yang lain untuk melakukan hal yang sama dalam membayar pajak,” ujar Darmanto.

Dalam kesempatan itu juga, diumumkan 3 kelurahan terbaik yang mendapatkan reward dalam hal pemungutan dan pembayaran PBB.

“Pertama Kelurahan Tanjungpinang Kota, kedua Kelurahan Tanjungunggat, dan ketiga Kelurahan Kemboja. Predikat kelurahan terbaik yang diraih oleh ketiga kelurahan tersebut juga harus dievaluasi, karena kelurahan bisa meraih predikat sebagai kelurahan terbaik dalam pembayaran dan pemungutan PBB, tentunya tak lepas dari peran masyarakatnya yang aktif dalam membayar pajak,” katanya.

Kemudian, selain kelurahan yang dapat reward, masyarakatnya yang aktif membayar pajak, juga patut mendapat reward.

Dalam kegiatan itu juga, dihadiri oleh seluruh pejabat di lingkungan Pemko Tanjungpinang, para perwakilan bank di Tanjungpinang, para Depelover yang diwakili oleh REI dan juga beserta para staf yang akan membayar pajak. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpinang Diganti

Read Next

Caleg Terpilih Akan Ditetapkan Pada Mei 2014