Lembaran Soal UN Sudah Tiba di Kabupaten/Kota

Jakarta, Isukepri.com – Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyakarat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ibnu Hamad, menyatakan naskah ujian akhir nasional sudah sampai di tingkat kabupaten. Tepatnya, kata dia, naskah berada di tempat penyimpanan naskah UAN yang sudah ditentukan. “Tinggal disebar ke tiap-tiap sekolah pada Senin pagi,” kata Ibnu saat dihubungi, Sabtu, 12 April 2014.

Ibnu mengklaim tak ada hambatan yang berarti selama pendistribusian dari pusat ke titik penyimpanan tersebut. Sebab, menurut dia, pendistribusian mendapat pengawalan polisi.

Di remote area, atau daerah perbatasan dan terpencil, Ibnu mengatakan pendistribusian di daerah dilakukan lebih dulu ketimbang kota-kota besar. “Remote area menjadi prioritas,” ujarnya. Pengiriman ke kota besar, kata dia, akan dituntaskan hari ini dan Minggu, 13 April 2014.

Terkait dengan naskah yang masih kurang, Ibnu mengatakan proses pengantaran masih berlangsung. “Jadi, memang bukan kurang, tapi belum selesai,” kata Ibnu.

Ibnu menjelaskan mekanisme pengiriman soal ujian akan dilakukan oleh panitia tingkat rayon pada Senin pagi hari. Panitia provinsi akan menndapatkan naskah ujian pada Minggu, 13 April 2014.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh telah memantau perkembangan pengiriman naskah UAN melalui telekonferensi dengan sejumlah Dinas Pendidikan di berbagai provinsi, Kamis, 10 April 2014. Ia mengklaim distribusi nakah soal Ujian Nasional di luar Jawa tahun lancar. “Dari semua laporan ini, rasanya pelaksanaan UN akan lebih baik dari tahun lalu,” kata Nuh.

Sejumlah kepala dinas pendidikan di beberapa provinsi seperti Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Lampung, dan Maluku menyatakan naskah soal Ujian Nasional sudah diterima akhir Maret 2014. Sedangkan naskah soal UAN untuk ibu kota provinsi sudah didistribusikan pada 3 April sampai 4 April 2014. (kompas)

suprapto

Read Previous

Emergency, Peserta BPJS Bisa Berobat ke Rumah Sakit

Read Next

Pengawasan Bansos Perlu Diperketat