Kelurahan Ujung Tombak Pemerintah

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul S.Pd menyebutkan, Tanjungpinang memiliki sebanyak 18 kelurahan yang tersebar di empat kecamatan. Kelurahan juga sebagai ujung tombak pemerintah dalam pelayanan masyarakat.

Untuk itu, harus senantiasa meningkatkan kinerja, sadar benar akan tugas dan fungsinya sebagai ujung tombak Pemerintah Kota Tanjungpinang, ujar Syahrul saat membuka perlombaan Kelurahan terbaik tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2014 di Restoran Nelayan, Selasa (15/4).

Ia mengatakan, apabila kinerja dan sumber daya manusia di setiap kelurahan terus ditingkatkan, tentunya kelurahan sebagai pelayanan terdepan dalam melayani masyarakat di wilayahnya masing – masing.

Kelurahan secara langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan hal itu juga akan lebih baik, katanya.

Selain itu, kata Syahrul, perlombaan kelurahan terbaik tersebut dilakukan untuk melihat sejauh mana tingkat perkembangan dan pencapaian pembangunan yang mencerminkan tingkat kemajuan serta keberhasilan masyarakat di wilayah kelurahan tersebut.

Serta melihat sejauh mana hasil kinerja aparatur kelurahan dan masyarakat kelurahan untuk meningkatkan kesejahteraan warganya, dengan membandingkan data tingkat perkembangan kelurahan dalam kurun waktu 2 tahun terakhir berdasarkan dasar profil kelurahan sesuai dengan indicator penilaian, ucapnya.

Syahrul mengutarakan, nantinya pemenang perlombaan kelurahan terbaik tingkat Kota Tanjungpinang, akan mewakili Kota Tanjungpinang pada perlomba kelurahan terbaik tingkat Provinsi Kepulauan Riau pada Mei mendatang.

Diakhir sambutannya, Wawako menghimbau kepada tim penilaian perlombaan, hendaknya memberikan penilaian secara baik dan benar, serta profesiaonal.

Bagi pemenang perlombaan nanti, saya ucapkan selamat, bagi kelurahan yang belum berhasil menjadi juara terus tingkatkan kinerja dalam melayani masyarakat selalu bersinergi dengan stakeholder sehingga kinerja saudara dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat, papar Syahrul.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Penmas Kota Tanjungpinang, H. Adnan, S.Sos mengatakan, peserta perlombaan kelurahan terbaik tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2014, terdiri dari empat kelurahan sebagai pemenang terbaik pertama dari setiap kecamatan se – Kota Tanjungpinang, yaitu Kelurahan Penyengat Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Tanjungpinang Barat, Kelurahan Kampung Bulang Kecamatan Tanjungpinang Timur dan Kelurahan Tanjung Unggat Kecamatan Bukit Bestari.

Adapun teknis perlombaan yakni ekspose/ pemaparan dari masing – masing Lurah, yang dilaksanakan pada hari ini (15/4), serta peninjauan lapangan/ lokasi ke empat kelurahan calon pemenang kelurahan terbaik tingkat Kota Tanjungpinang yang akan dilaksanakan pada Rabu (16/4).

Selanjutnya yang menjadi indicator penilaian kelurahan terbaik  yaitu, pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan serta pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Pada acara itu juga, turut dihadiri oleh para Asisten, staf ahli,  jajaran kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Ketua GOW Kota Tanjungpinang, Juariah Syahrul, Camat, Lurah, TP – PKK, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta tim penilaian perlombaan. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Rumah Warga Disatroni Maling Saat Nyoblos di TPS

Read Next

Kantor Hanura Didemo Tim 5 Askep