Golkar: Kalah Suara Belum Tentu Kalah Kursi dari PDI-P

Jakarta, Isukepri.com – Partai Golkar masih berkeyakinan tetap ada peluang mendapatkan kursi DPR lebih banyak daripada PDI Perjuangan, kalaupun perolehan suara mereka seperti perkiraan beragam hasil hitung cepat.

“Kekuatan suara Partai Golkar lebih merata dibandingkan partai lain yang terkonsentrasi di kantong-kantong daerah tertentu,” kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golongan Karya (Golkar) Hajriyanto Thohari, Jumat (11/4/2014).

Hajriyanto mengatakan kadang kala perhitungan suara dan kursi memang tak mendapatkan hasil yang sama. Dia mencontohkan, pada Pemilu 2009, perolehan suara PKB lebih banyak daripada PAN tetapi jumlah kursi PAN di DPR melampaui PKB.

Menurut Hajriyanto, ketika perolehan suara hasil pemilu legislatif sudah dikonversi menjadi kursi DPR maka selisih persentase hasil pemilu tiap partai tak akan selebar yang tergambar dalam perkiraan hitung cepat saat ini.

“Saya rasa itu kekuatan politik Partai Golkar. Penghitungan secara numerikal memang kalah dengan parpol lain. Tapi saya ingin menegaskan bahwa perolehan kursi partai belum tentu kalah,” tegas Hajriyanto.

Meski demikian, Hajriyanto mengaku cukup terkejut dengan perkiraan hasil pemilu legislatif sekarang. Beragam hitung cepat memperkirakan Partai Golkar mendapatkan suara di kisaran 14 sampai 16 persen, tak jauh berbeda dengan hasil Pemilu Legislatif 2009.

Namun, Hajriyanto mengatakan target 30 persen yang dicanangkan partainya sebenarnya adalah untuk capaian kursi DPR. “Bukan untuk suara sah,” kilah dia. (kompas)

suprapto

Read Previous

Anas Mau SBY dan Ibas Jadi Saksi

Read Next

Banyak Pelanggaran Pemilu, Paloh Sebut Bawaslu Impoten