FPP Kepri Gelar Dialog Agama di Pesantren Anambas

Anambas, IsuKepri.com – Forum Pemberdayaan Pesantren (FPP) Kepri gelar seminar keagamaan di Pesantren Khaira Ummah, Kabupaten Anambas, Selasa (1/4/2014). Kegiatan dengan tema “Reaktualiasi Nilai-Nilai Islam Yang Terkandung di Dalam Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa” diikuti oleh seluruh santri dan pengajar pondok pesantren.

Cahya Sumirat, ketua pelaksana kegiatan, dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan tersebut diselenggrakan untuk menumbuhkan semangat kebangsaan dan jiwa Pancasila.

“Sebagai daerah perbatasan, dibutuhkan upaya bersama untuk menumbuhkan semangat nasionalis sekaligus menumbuhkan jiwa Pancasilais pada generasi muda yang ada di Kabupaten Anambas,” ujarnya.

Ia juga menuturkan, bahwa kondisi kehidupan masyarakat yang jauh dari nilai-nilai agama mengakibatkan munculnya berbagai macam masalah. Islam sebagai agama yang memiliki nilai-nilai universal, seharusnya menjadi referensi dalam menyikapi masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat.

“Islam adalah agama rahmatanlilalamin. Islam menjunjug tinggi nilai-nilai toleransi dan keberagaman. Keberadaan Islam, ditengah-tengah kehidupan masyarakat modern diakui telah mampu merubah mind set penduduk dunia. Hal ini dibuktikan dengan semakin bertambahnya pemeluk agama Islam di seluruh negara,” tegasnya.

Dalam kegiatan seminar tersebut, dihadiri oleh berbagai narasumber dari berbagai lintas instansi, diantaranya dai Kementrian Agama Kabupaten Anambas, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anambas, BKPRMI Anambas, Pengadilan Agama serta pimpinan pesantren Khaia Ummah Anambas. (Slk)

suprapto

Read Previous

Lis Sebut Pegawai Malas Kebiasaan Dari Individu

Read Next

MUI Anambas : Pancasila Sudah Final