Aburizal Tanya ke SBY, Soal Cawapres dari Demokrat

Jakarta, Isukepri.com – Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie disebutkan sudah menjalin komunikasi politik dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam pembicaraan itu, Aburizal sempat menanyakan tentang peserta konvensi yang bisa diajukan sebagai calon wakil presiden.

“Bang Ical (Aburizal) sudah bicara dengan Pak SBY lewat telepon dan bicara skenario-skenario ke depan. Kami juga tanyakan siapa dari Demokrat yang mau dicalonkan untuk cawapres. Kata SBY, “‘belum selesai”‘. Nanti kalau sudah ada kepastian, baru akan dikabari ke Bang Ical,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Golkar Fadel Muhammad, saat dihubungi pada Rabu (16/4/2014).

Menurut Fadel, Aburizal sudah mengajukan permintaan untuk bertemu dengan SBY. Namun, pertemuan itu belum terealisasi hingga kini. Fadel memperkirakan, Aburizal akan bertemu dengan SBY setelah Aburizal berlibur di Bali dalam beberapa hari ini.

“Jadi sampai sejauh ini, antara Golkar dan Demokrat memang belum ada komitmen apa pun. Menunggu pertemuan Bang Ical dengan SBY,” kata mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu.

Fadel menjelaskan, pendekatan terhadap Partai Demokrat tidak hanya untuk memenuhi syarat 25 persen suara dalam mengajukan calon presiden dan wakil presiden. Namun, kata Fadel, Partai Golkar memiliki kerja sama yang baik selama berkoalisi dengan Partai Demokrat. Dia mencontohkan, banyak elite Partai Golkar yang menjadi menteri pada masa pemerintahan SBY, termasuk Aburizal.

“Kami ingin membuat koalisi nasionalis namanya. Isi koalisi ini adalah gabungan dari partai-partai nasional,” ujar Fadel.

Berdasarkan hasil hitung cepat Kompas, Partai Golkar berada di posisi kedua dengan perolehan suara 15,01 persen. Partai berlambang pohon beringin ini membutuhkan total gabungan suara mencapai 25 persen untuk memenuhi syarat pencalonan presiden dan wakil presiden.

Sejak 2012, Partai Golkar sudah mendeklarasikan Aburizal sebagai bakal calon presiden mereka. Saat ini, partai tersebut masih merahasiakan sejumlah nama yang akan dipasangkan sebagai wakil Aburizal. Ia mengatakan, pengumuman pasangan capres-cawapres yang akan diusung Partai Golkar akan dilakukan pada akhir bulan ini. (kompas)

suprapto

Read Previous

Timses Jokowi Pesan 2 Juta Baju \”Kotak-kotak\”

Read Next

NU Jatim Wacanakan Pasangan Mahfud-Dahlan di Pilpres 2014