175 Surat Suara Dapil 1 Nyasar di TPS Timur

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sebanyak 175 surat suara Calon Anggota Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang dari Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kecamatan Tanjungpinang Barat/ Kota nyasar ke Tempat Pemilihan Suara (TPS) 275/ 36 di Kampung Tirto Mulyo Kelurahan Pinang Kencana, Kecamatan Tanjungpinang Timur, pada Rabu (9/4).

Dari 175 surat suara itu juga, sebanyak 19 surat suara telah dicoblos oleh pemilih di TPS tersebut.

Salah seorang pemilih, Wiwik merasa aneh dengan surat suara yang dibukanya. Pasalnya, di surat suara itu tidak terlihat nama Caleg yang akan dipilihnya.

“Saya heran, kok jagoan saya tidak ada di kertas itu. Jadi saya coblos partainya saja,” ucap Wiwik.

Ia mengutarakan, hal itu juga sudah diberitahukannya kepada petugas TPS.

“Kata petugas TPS itu tidak masalah, karena nantinya akan disesuaikan dengan pilihan partai dan nomor calegnya yang berada di Dapil 2,” ujarnya.

Akan tetapi, hal itu ditolak oleh saksi dan pemilih lainnya. Karena, jagoan yang akan dipilihnya tidak sama dengan jagoan yang berada di Dapil 1 tersebut.

“Tadi ada beberapa pemilih lain yang protes masalah surat suara itu. Sehingga Panwaslu, KPU, Caleg dan Kepolisian turun ke TPS kami,” katanya.

Akan hal itu, pemilihan di TPS tersebut dihentikan sekitar pukul 10.30 WIB. Selain itu, surat suara yang telah dicoblos dan dimasukkan dalam kotak suara sebelumnya dibongkar. Hal itu atas musyawarah yang disepakati bersama KPU, Panwaslu, Caleg, dan petugas PPS.

Sementara, pemilihan kembali dilanjutkan sekitar pukul 12.30 WIB, dan pemilih yang telah memberikan hak suaranya terpaksa memilih kembali. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Pemilu, Khazalik Jadi Pemilih Pertama di TPS-nya

Read Next

KPU Akui Surat Suara Dapil 1 Salah Kirim