Ustad Samsul : Alquran Merupakan Pedoman Kehidupan

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Ustat Prof. Dr. Samsul Nizar, MA membuka Musabaqah Tilawatil Qur”‘an ke VIII tingkat Kota Tanjunginang, dalam pembukaan itu juga, Ustad Samsul menyampaikan, Alqur”‘an merupakan pedoman dalam kehidupan sehari – hari.

“Jadikan Alqur”‘an sebagai pedoman dalam kehidupan sehari – hari dan jangan hanya acara seremonial saja. Artinya yang dilkasanakan harus paham apa arti makna melaksanakan MTQ itu sendiri,” kata Ustat Nizar, Minggu (2/3) malam saat memberikan santapan rohani kepada masyarakat Kota Tanjungpinang diacara pemubukaan MTQ di lapangan Pamedan Tanjungpinang.

Nizar mengatakan, melalui MTQ tersebut, supaya dapat di tingkatkan ke iman dan harus harus dijalankan. “Namun saya melihat, masih banyak yang belum mengerti tentang MTQ, contohnya dalam baca Alquran masih banyak yang masih berbicara, inilah salah satu yang belum dipahami oleh manusia,” katanya.

Maka, katanya, dalam membaca Alqur”‘an harus di pahami, apa arti yang dibaca lalu dihayati dan diamalkan.

Dia menjelaskan, seperti dalam membaca ayat suci Alquran perlu dipahami makna dan artinya, contohnya surat Alfatiha karena surat tersebut kunci dari semua kehidupan dan roh kehidupan.

“Jadi semua yang kita lakukan, lakukanlah karena Allah SWT dan pahami apa ayat yang terkandung dari alqur”‘an. Jadi MTQ ini jangan cuma acara seremonial tapi pahami apa yang terkandung dalam Alquran dan manfaatnya serta gunakanlah petunjuk dalam kehidupan ini baik dalam bekerja dan juga kehidupan sehari – hari,” ujarnya.

Begitu juga yang disampaikan oleh Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH saat membuka MTQ ke VIII Kota Tanjungpinang. Lis mengatakan, pelaksanaan MTQ merupakan suatu momen yang dibanggakan karena perwujudan pedoman kehidupan.

“Alquran diturunkan untuk pedoman kehidupan manusia dan juga sebagai cerminan khususnya dalam agama Islam,” kata Lis.

Lis mengajak mari bersama – sama membahu dan membangun Kota Tanjungpinang yang sesuai juga dengan budaya Melayu.

“Saya menghimbau kepada masyarakat yang sesuai dengan tahun ini tahun politik, mari bersama – sama menjaga kesukseskan pemilu sesuai agama masing – masing,” ucap Lis.

Sementara tujuan dari MTQ VIII yang dilaksanakan merupakan seleksi bagi para Qori Qoriah ditingkat Kota Tanjungpinang yang nantinya diikut sertakan pada MTQ V tingkat Provinsi Kepri di Tanjungbalai Karimun. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Kolor Ijo Terekam CCTV Sedang Curi Uang

Read Next

Wali Kota Tolak Kenaikan Tarif Pass Pelabuhan