Polres Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2014

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Dalam rangka pemilihan legislatif pada 09 April 2014 mendatang, Kepolisian Resort Tanjungpinang menggelar simulasi system pengaman Kota dan Pemilu 2014. Pada pelaksanaan simulasi itu juga, dihadiri oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, Kapolres Kota Tanjungpinang, AKBP Patar Gunawan beserta Jajaran pelaksanaan Pemilu.

Simulasi yang melibatkan seluruh satuan personil Polisi dan dibantu TNI, Dishub, Satpol dan Linmas itu dilaksanakan di Lapangan Pamedan A. Yani, Selasa (11/3).

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul menyampaikan, simulasi yang dilaksanakan sangat penting dan bermakna dalam memberi pemahaman dan pembelajaran dalam pelaksanaan pemilu.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal – hal yang akan terjadi dalam pelaksanaan pemlu nantinya, ucap Syahrul.

Menurut Syahrul, semua element masyarakat dan pihak yang terkait dalam pelaksanaan pemilu legislatif mendatang, hendaknya terus berkoordinasi dan saling bersinergi agar terciptanya kebersamaan untuk mensukseskan pemilu legislatif dengan aman dan tertib.

Pemerintah berharap semua element masyarakat yang terkait dalam pelaksanaan pemilu mendatang untuk mematuhi aturan – aturan yang telah di susun oleh pihak penyelenggara Pemilu yaitu KPU. Saya yakin dan percaya dengan kebersamaan kita semua, pelaksanaan pemilu 2014 akan berjalan dengan sukses dan kepada stakeholder yang terkait, saya ucapkan terimakasih atas kerjasamanya dalam pelaksanaan pemilu mendatang, tuturnya.

Sebelumnya, Kapolres Tanjungpinang, AKBP Patar Gunawan mengatakan, kegiatan simulasi tersebut merupakan wujud kesiap siagaan dari pihak Polri yang didukung oleh penyelenggaraan pemilu (KPU), Pemerintah Kota, TNI, dan segenap element masyarakat, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam UU agar bersama – sama dalam memelihara kamtibmas, supaya pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan kondusif.

Selain apel, ini merupakan sarana pelatihan bersama – sama segenap element masyarakat untuk memberikan gambaran dalam pelaksanaan pemilu mendatang, dimana setiap tahapannya kita tampilkan, sehingga dapat menyatukan langkah dan presepsi dari pada stakeholder yang ada, sehingga pada pelaksanaan kedepan akan semakin lebih baik, professional dan proposional pemilu sesuai dengan tupoksi kita masing – masing, demi terciptanya iklim yang kondusif pada pemilu yang akan datang, kata Patar.

Kapolres mengatakan, apel persiapan ini juga lebih di fokukan pada pengamanan pemilu, langkah – langkah untuk mengantisipasi dari gejolak di masyarakat, simulasi yang akan ditampilkan nanti adalah gambaran pengaman di TPS, pengamanan PPS serta kantor KPU, pengamanan distribusi logistic, pengamanan pada saat kampanye, pengamanan pada pemungutan dan perhitungan suara, serta pengamanan bagaimana mengamankan situasi di TPS.

Untuk itu, saya berharap pelaksanaan pemilu yang akan datang, berjalan dengan aman, tertib dan lancar sesuai yang kita harapkan, katanya.

Sementara, dalam acara simulasi itu juga, turut hadir Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria, unsure Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), serta jajaran Pemerintah Kota Tanjungpinang. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Masjid Al Ikhwan Toapaya Nyaris Dilalap Api

Read Next

Penjabaran Pengelolaan Badan Layanan Umum Daerah