Pemko Optimalkan Penataan Pembangunan Tanjungpinang

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang, berupaya menata daerah lebih luas, nyata dan bertanggungjawab yang dimulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian dan evaluasi pembangunan secara komprehensif.

Untuk mengoptimalkannya, maka kegiatan Forum SKPD ini dilaksanakan, ucap Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH saat membuka Forum SKPD Kota Tanjungpinang, Kamis (6/3), di aula Kantor Wali Kota Tanjungpinang.

Dalam Forum SKPD itu juga, dihadiri oleh seluruh Kepala SKPD, Camat dan Lurah se – Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Lis mengatakan, dalam kerangka otonomi daerah, pembangunan daerah diarahkan terhadap berbagai kebijakan pembangunan yang bersifat mendasar sesuai tuntutan kebutuhan daerah dan masyarakat.

Melalui Forum ini, SKPD dapat menyusun dokumen kerja secara lengkap, aktual, teratur dan terarah yang sesuai fakta. Secara bertahap, kelurahan juga akan melaksanakan fungsi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengendalian dan evaluasi pembangunan karena kelurahan sudah menjadi SKPD sendiri, papar Lis.

Wali Kota mengharapkan, para pejabat pembuat program dapat memilih dan memilah serta mengajukan usulan – usulan prioritas yang diurutkan sesuai dengan tingkat urgensinya.

Di forum ini, SKPD juga dituntut untuk melakukan inventarisasi program dan perencanaan kegiatan yang akan dibuat SKPD untuk tahun 2015 mendatang sesuai dengan yang sudah dirumuskan dalam RPJMD serta visi dan misi Pemerintah Kota Tanjungpinang, ujar Lis.

Sementara, tema yang dibahas dalam forum SKPD tersebut adalah optimalisasi perekonomian daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan peningkatan sarana dan prasarana perkotaan, serta peningkatan pelayanan publik bagi kesejahteraan masyarakat.

Dengan mengacu pada tema tersebut, diharapkan beberapa prioritas pembangunan dapat dicapai, diantaranya peningkatan akses dan pelayanan untuk mendapatkan pendidikan yang layak, peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat, optimalisasi pusat pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan ekonomi lokal, serta beberapa peningkatan di sektor lainnya, ungkap Lis.

Pelaksanaan forum SKPD itu juga, dijadwalkan selama seminggu dan terhitung mulai 6 – 11 Maret 2014. Diharapkan dapat terlaksana secara optimal sehingga pada pelaksanaan Musrenbang tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2014 mendatang akan menghasilkan outcome yang maksimal pula. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

PNS Kepri Miliki Ganja Dituntut Selama Empat Tahun

Read Next

Paulus Sule dan Elvin Elis Didakwa di Pengadilan Tipikor