Khazalik Buka Forum SKDP Kabupaten Bintan Tahun 2014

Bintan, Isukepri.com – Wakil Bupati Bintan, Khazalik membuka secara resmi Forum SKPD Kabupaten Bintan tahun 2014 yang digelar pada Senin (10/3) di Ballroom Hotel Sahid Bintan Km. 42, Gunung Kijang. Kegiatan dihadiri oleh Anggota Dewan Bintan, Forum FKPD Bintan dan seluruh kepala SKPD se-Kabupaten Bintan.

Pelaksanaan forum ini dilaksanakan 2 hari sejak tanggal 10-11 Maret, jumlah peserta yang mengikuti Forum SKPD Tahun 2014 sebanyak 104 orang yg terdiri dari delegasi kecamatan dan delegasi SKPD yang berkaitan langsung dengan fungsi SKPD atau gabungan SKPD yg bersangkutan.

Selaku nara sumber dalam forum SKPD adalah kepala dan para pejabat BAPPEDA dan anggota DPRD dari seriap komisi pasangan kerjanya. Ka. BAPPEDA dalam laporannya mengatakan. Forum SKPD Kab. Bintan tahun 2014 merupakan wadah bersama antar pelaku Pembangunan yg ada di Kab. Bintan untuk membahas prioritas kegiatan pembangunan hasil musrenbang kecamatan tahun 2014 dengan SKPD atau gabungan SKPD sebagai upaya mengisi rencana kerja SKPD dlm rangka menjabarkan rencana pembangunan jangka menengah daerah kab. Bintan tahun 2010 – 2015.

Tujuan yang akan dicapai dalam pelaksanaan forum SKPD Kab. Bintan ini adalah mensinkronkan prioritas kegiatan pembangunan dari berbagai kecamatan dengan rancangan rencana kerja SKPD Kab. Bintan, menetapkan kegiatan prioritas yang akan dimuat dalam rencan kerja SKPD, menyusun prioritas rencana kerja SKPD dengan platfon pagu dana SKPD yg termuat dalam prioritas pembangunan daerah dengan rancangan kerja pemerintah daerah, mengidentifikasi keefektifan berbagai regulasi yang berkaitan dengan fungsi SKPD terutama mendukung pelaksanaan rencana kerja SKPD imbuhnya

Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa Pembangungan daerah dalam hakekatnya merupakan satu proses berkelanjutan dimana pemerintah daerah bersama masyarakat mengelola sumberdaya yg dimiliki untuk percepatan pembangunan dan hasilnya bagi kemakmuran rakyat itu sendiri.

Didalam proses tersebut perlu adanya penekanan pada kebijakan pembangunan yang didasarkan pada keputusan daerah, baik yg menyangkut potensi manusia maupun kelembagaan dan sumberdaya fisik secara lokal sehingga orientasi ini mengarah pada pengambilan inisiatif yg berasal dari daerah dalam proses pembangunan untuk mengatasi permasalahan utama seperti penciptaan kesempatan kerja baru dan peningkatan kegiatan ekonomi.

Dalam Mencermati perkembangan kondisi terakhir makro ekonomi Bintan. Perlu diketahui bahwa laju pertumbuhan ekonomi kita di tahun 2013 mengalami peningkatan dibanding dengan sebelumnya. Yaitu dari 6,16% pada tahun 2012 menjadi 6,24% di tahun 2013. Tingkat inflasi daerah mengalami kenaikan yg cukup tinggi dimana tahun 2012 menunjukan angka 3,29% menjadi 10,09 % pada tahun 2013.

Peningkatan ini menjadi salah satu indikator bahwa program pembangunan yg sudah kita laksanakan pada tahun 2013 memberikan kontribusi yg cukup berarti bagi pembanguna di masyarakat terutama pada perekonomian daerah, sedangkan tingginya inflasi yg lebih disebabkan oleh pengaruh eksternal diluar kebijakan pemerintah Kab. Bintan. Kesepan menjadi bahan pertimbangan kita untuk mengtasi dampak yg mungkin terjadi.

Pertumbuhan ekonomi yang positif didukung oleh meningkatkanya angka indek pembanguna manusia dari sebelumnya 75,68 pada tahun 2012 menjadi 75,99 pada tahun 2013, serta pendapatan per kapitalnya cukup tinggi yaitu 37,61 juta pertahun. Diharpkan ke depan dapat memberi kontribusi dalam menurunkan angka kemiskian di kabupaten bintan.

Yang menjadi perhatian dalam menyusun rencana kedepan tercakup dalam 3 aspek yaitu aspek kesejahteraa masyarakat, aspek pelayanan umum dan aspek daya saing.

Untuk kita ketahui bersama bahwa proksi struktur APBD tahun 2015 kab. Bintan diperkiran mengalami pergeseran dibanding APBD tahun 2014, dalam hal ini pendapaan daerah diperkiranan berjumlah 833,6M dan pada tahun 2014 menjadi 821,7M pada tahun 2015 ditargetkan menjadi 921,6M dan defisit mencapai 100M.

Berkenaan dengan turunnya jumlah belanja pada tahun 2015 perlu kita sikapi dengan bijak dan arif dalam menentukan skala prioritas pembangunan, oleh karena itu sy minta kepada setiap kepala SKPD agar mengambil langkah-langkah yg strategis imbuh wakil Bupati bintan

Sebelum membuka acara forum SKPD ini wakil Bupati berpesan kepada peserta agar ikutilah forum SKPD ini dengan baik, semoga apa yg kita rencanakan akan terlaksana dengan baik, Demikian yang disampaikan Wabup. (hum)

suprapto

Read Previous

KPU : Pencoretan Caleg PAN Tunggu Putusan Tetap

Read Next

Asep Yakinkan Warga Bukit Raya Menangkan PDIP