Hasil Try Out Siswa di Tanjungpinang Tak Memuaskan

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tanjungpinang, HZ Dadang Ag, mengakui hasil try out (TO) Ujian Nasional (UN) siswa di Kota Tanjungpinang belum memuaskan. Hal itu disampaikannya di Bintan Plaza Hotel Tanjungpinang, Senin (24/3).

“Saya akui hasil TO Ujian Nasional (UN) belum mencapai 70 persen untuk tingkat kelulusan siswa di Kota Tanjungpinang dan ini belum memuaskan,” papar Dadang.

Dikatakan Dadang, hal itu lantaran siswa belum siap dalam materi dan kisi – kisi ujian yang diberikan yaitu tentang ujian nasional tersebut.

“Maka dari itu, hasilnya kurang memuaskan, selain materi kisi – kisi ujian juga dipengaruhi oleh guru pengajar yang mengajar siswa tidak seimbang. Karena siswa sangat banyak, sedangkan untuk guru pengajarnya sedikit. Kedepan kita akan mencoba mencarikan guru pengajar, agar bisa seimbang dengan siswa yang ada,” ujar Dadang.

Selain itu, kata Dadang, nilai persentase atau prestasi hasil penurunan TO UN, juga dipengaruhi pemerataan kepala sekolah untuk siswa – siswa disekolah.

“Kepala sekolah berpengaruh dengan hasil nilai yang dicapai
dan ini harus ada pemerataan antar Kepala sekolah, tapi harus di tunjang juga dengan guru – guru yang ada,” katanya.

Kemudian untuk hasil TO SMP dan SMA memang ada sebagian siswa yang belum tuntas. “Yang belum tuntas ini, yang kita upgrade dalam waktu dekat supaya tuntas dan lebih ekstra lagi,” ujarnya.

Untuk diketahui, kata Dadang, hasil yang sudah tuntas yaitu sekolah SMP yang berada di 10 besar yaitu ada 5 sekolah negeri dan 5 sekolah swasta. Pertama sekolah Djuwita, SMP 1, SMPIT, Almadinah, SMP 5, Katolik, Matreawira, Pelnusa, SMP 7 dan SMP 3.

Sementara, hasil TO UN yang sudah tuntas 10 besar didominasi SMA1, yaitu IPA dan IPS. Kemudian disusul sekolah SMK, SMK 1, SMK 3, dan SMA Pembangunan dan ini masuk 10 besar.

“Hasil TO UN tertinggi yaitu SMA 1, yaitu sekitar 65,98 persen dan tertinggi kedua yaitu SMK 1 yaitu 52,03 persen,” katanya. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Polisi Bekuk Dua Pelaku Curat di Lima TKP

Read Next

Resedivis Curat Dituntut Satu Tahun Delapan Bulan