Gagal Dilantik, Mustakim Tunggu Konsultasi Ombusman

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Muhammad Mustakim Ismail, gagal dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Tanjungpinang, pada Sabtu (1/3) dini hari. Meski gagal dilantik, Muhammad Faizal, SH selaku Kuasa Hukum dari Mustakim, mangaku masih menunggu konsultasi dengan Ombusman.

Rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kota Tanjungpinang tidak quorum, jadi kami masih tunggu hasil konsultasi dengan ombusmen. Untuk itu, kami lihat keputusan pada Senin 3 Maret 2014 mendatang, ujar Faizal, Sabtu dini hari kepada IsuKepri.com.

Hal itu juga, kata dia, pihaknya berupaya mengikuti mekanisme dan prosedur dalam proses pelantikan klien sebagai anggota DPRD Kota Tanjungpinang.

Hingga saat ini, kami berusaha mengikuti aturan dan prosedur tersebut, kata Faizal.

Sementara, kata Faizal, proses permohonan dari Partai Demokrasi Kebangsaan PDK kliennya sudah diajukan sejak 2 September 2013 lalu.

Kemudian, pada 9 September 2013 saya sudah menjadi kuasa hukum Mustakim, dan kami mengajukan tindak lanjut proses Pergantian Antar Waktu (PAW) tersebut untuk ditindaklanjuti, namun tidak ada respon, ucapnya.

Akan hal itu, Faizal melayangkan somasi pertama pada 14 Oktober 2013 terkait permohonan pelaksanaan proses PAW. Serta pada 28 Oktober 2013 somasi kedua dilayangkannya.

Hal itu berdasarkan aturan, namun tidak mendapat respon. Akhirnya, pada 8 November 2013 kami melaporkan ke Ombusman, terkjait PAW yang tak kunjung tidak dilakukan, paparnya.

Ia mengatakan, menurut Ombusman, dalam perkara itu sudah terjadi Mal Alministrasi. Karena tidak ditindak lajuti. Sementara, ketika Ombusman hendak bertemu dengan pimpinan dewan, namun tak berhasil bertemu. Selain itu, sudah dua kali ombusman mengundang pimpinan dewan.

Kemudian, pada 4 Februari 2014, baru surat itu ditindaklajuti, maka pimpinan dewan mengirimkan surat ke KPU, katanya.

Sementara, pada Jumat (28/2) sekitar 08.30 WIB, kliennya pihak diundang untuk di lantik, karena pada pukul 24/ 00 WIB batas terkhir dilantik.

Sedangkan, saat ini pelantikan diundur, karena harus tunggu bamus dulu. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Mustakim dan Heri Gagal Dilantik Sebagai Anggota DPRD

Read Next

Palgunadi : Nasionalisme Pemuda Harus Diperbarui