Desa Pangkil Jadi Wadah Budidaya Ikan Kerapu

Bintan, Isukepri.com – Pembudidayaan ikan kerapu akan terus dikembangkan dikawasan Kabupaten Bintan. Rencananya pembudidayaan ikan kerapu ini akan difokuskan di Desa Pangkil, Kecamatan Teluk Bintan, Kepulauan Riau. Bahkan katanya desa tersebut nantinya akan dijadikan sebagai desa penghasil kerapu di Bintan. Tercatat, pada tahun 2014 ini saja panen ikan kerapu di Desa Pangkil terus meningkat dari 16 ton menjadi 30 ton.

Bupati Bintan, Ansar Ahmad mengatakan pada tahun 2015 mendatang diprediksikan Desa Pangkil mampu menghasilkan panen ikan kerapu hingga 40-50 ton per tahunnya. Dalam upaya pengembangannya, saat ini pemkab Bintan telah memberikan bantuan 30 buah kerambah kotak untuk membudidayakan jenis ikan tersebut dan akan menganggarkan bantuan dana kepada nelayan desa Pangkil.

“Peningkatan panen para nelayan Desa Pangkil tahun ini luar biasa, sudah mencapai 30 Ton. Budidaya ikan kerapu ini akan terus pemkab kembangkan dengan memberikan bantuan fisik maupun non fisik kepada nelayan,” kata Ansar, Minggu (16/3).

Peningkatan budidaya ikan kerapu, kata Ansar merupakan bentuk kesuksesan program Pemkab Bintan dalam mengembangkan ekonomi masyarakat pesisir diwilayah Bintan dengan harapan kedepannya Desa Pangkil menjadi satu-satunya desa penghasil kerapu terbesar di Bintan.

“Pemkab mengharapkan Desa Pangkil dapat menjadi desa dimana penghasil kerapu terbesar di Bintan,” tegasnya.

Seperti yang telah diketahui, Desa Pangkil yang terletak terpisah dari Pulau Bintan ini sudah memiliki kurang lebih 450 Kepala Keluarga dengan mata pencaharian mayoritasnya sebagai nelayan. (CR12)

suprapto

Read Previous

Ombudsman Kepri Sosialisasikan Pengawasan Pelayanan Publik

Read Next

BKMG Perkirakan Hujan Akan Turun Terus Selama Sepekan