30 Siswa SMK se – Tanjungpinang Ikuti LKS Tahun 2014

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, menggelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat Kota Tanjungpinang Tahun 2014 yang dibuka oleh Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, Senin (10/3), di aula SMKN 2 Tanjungpinang.

Dalam lomba tersebut, sebanyak 30 orang siswa SMK, baik negeri maupun swasta se – Kota Tanjungpinang mengikutinya dan akan berlangsung pada 10 – 12 Maret 2014 di tiga lokasi, yaitu SMKN 1, SMKN 2, dan SMKN 3. Sementara itu, materi lomba mengacu pada pelaksanaan LKS provinsi dan tingkat nasional dengan bidang lomba antara lain bidang teknologi dan industry, teknologi informatika, bisnis dan manajemen, pariwisata, serta bidang farmasi.

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menyampaikan, LKS yang dilaksanakan sebaiknya tidak hanya karena lomba semata, namun harus bisa dijadikan sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan kreatifitas generasi muda dengan merangsang generasi muda agar memiliki mental sebagai entrepreneur.

Dengan jiwa entrepreneur yang telah dipupuk sejak usia sekolah, maka siswa akan memiliki cita – cita untuk maju dan berkembang dengan kreatifitas yang dimiliki, bukan hanya terpaku pada cita – cita yang ingin menjadi pegawai negeri saja, ucap Lis.

Lis mengatakan, siswa lulusan SMK adalah generasi muda yang siap pakai dan bisa langsung terjun ke dunia usaha, karena sudah memiliki modal berupa skill (keahlian).

Materi lomba pada LKS Tingkat Kota Tanjungpinang ini jangan hanya mengacu pada materi yang akan diperlombakan di tingkat provinsi dan nasional saja, tapi juga harus memiliki muatan yang disesuaikan dengan kompetensi lokal dan potensi daerah, katanya.

Selain itu, kata dia, harus memperhatikan kondisi dan permasalahan yang terjadi di Kota Tanjungpinang untuk kemudian dicarikan solusinya. Sementara, guna memajukan pendidikan di Kota Tanjungpinang pada tahun 2014, Pemerintah Kota Tanjungpinang akan mengirimkan 25 orang guru dan 25 orang siswa untuk mengajar dan belajar disekolah – sekolah favorit di kota pelajar Jogjakarta.

Hal itu, agar guru dan siswa sama – sama belajar untuk mencerna kelebihan dan kekurangan system pendidikan di Kota Tanjungpinang dan kota lain untuk kemudian saling introspeksi dan memperbaiki segala kekurangan, ucapnya.

Usai membuka acara, Wali Kota Tanjungpinang beserta rombongan menyempatkan diri untuk mengunjungi stand pameran hasil ujian kompetensi kejuruan dan bazaar. Di stand – stand tersebut dipamerkan hasil karya siswa SMK, mulai dari kuliner, busana, serta produk – produk farmasi. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Lis : Linmas Sangat Berperan Dalam Pelaksanaan Pemilu

Read Next

Mantan Bendahara KPU Batam Divonis 1 Tahun