Sukabumi Diduga Sedang Terserang Flu Burung

Sukabumi, Isukepri.com – Warga Desa Ubrug, Kebupaten Sukabumi, Jawa Barat sedang dikejutkan oleh kematian puluhan ayam dihalaman rumah dan kandang, Sabtu (22/2). Terkait kematian puluhan unggas tersebut sampai saat ini belum diketahui apa penyebabnya, namun warga setempat beranggapan hal ini terjadi karena flu burung.

“Warga sangat resah, karena khawatir ayam-ayamnya itu mati mendadak akibat flu burung, untuk itu kami berkoordinasi dan meminta kepada Dinas Perternakan Kabupaten Sukabumi agar segera melakukan penelitian untuk mengetahui apa penyebab kematian mendadak ayam milik warga itu,” kata Kades Ubrug Hamid Muhtar.

Menurut Hamid, pihaknya saat ini masih melakukan pendataan terhadap unggas yang mati mendadak tersebut, namun belum diketahui berapa jumlahnya tapi dilihat dari banyaknya bangkai ayam yang mati jumlahnya sekitar puluhan ekor, tapi tidak menutup kemungkinan mencapai ratusan ekor.

“Sudah cukup banyak warga yang melapor ke kami perihal banyak ayam kampung yang dipelihara mereka mati mendadak yang tidak diketahui apa penyebabnya dan kami juga sudah meminta pihak Kecamatan Warungkiara untuk bersama-sama mendata jumlah ayam yang mati tersebut,” kata Kades Ubrug Hamid Muhtar kepada Antara, Sabtu.

Selain itu, pihaknya juga belum mengetahui penyebab kematian ayam milik warga ini apakah disebabkan oleh tetelo atau virus flu burung. Maka dari itu, pihak desa mengimbau kepada masyarakat agar tidak memegang bangkai ayam tersebut dengan tangan terbuka.

Hamid mengatakan bisa saja ayam yang mendadak tersebut disebabkan oleh faktor cuaca karena dalam beberapa hari terakhir ini hujan turun di wilayahnya. Lebih lanjut, ia juga mengimbau kepada warga agar tidak melepas liarkan ternak unggasnya dan harus dikandangkan serta kandang unggas harus setiap waktu dibersihkan oleh desinfektan agar kondisinya tetap bersih. (Tempo)

suprapto

Read Previous

Dahlia Zulfa Optimis Akan Utus Tim Kasidah Terbaik pada MTQ Provinsi

Read Next

Lis: Masyarakat Butuh Air Hubungi Kelurahan