Saran Komnas Pendidikan \”Masuk SMP Pakai Tes\”

Jakarta, Isukepri.com – Sekjen Komnas Pendidikan Andreas Tambah menyarankan harus ada tes masuk SMP, Andreas memandang meskipun siswa-siswa SD mengikuti ujian sekolah dan mendapatkan rapor sebagai nilai akhir, namun semua itu belum cukup untuk mengukur tingkat kompetensi siswa.

“Seharusnya ada tes seleksi masuk SMP, agar mengetahui sejauh mana kemampuan siswa,” kata Andreas di Jakarta, Rabu (12/2).

Menurutnya hal ini bisa menentukan standar kompetensi siswa disuatu wilayah. Di Jakarta saja, Tes masuk SMP diseragamkan misalnya tes masuk terdiri dari 50 soal yang memuat beberapa pelajaran sekaligus seperti bahasa Indonesia, matematika , IPA, IPS. Ini diperlukan untuk mengetahui tingkat kompetensi siswa.

Kalau hanya bergantung pada hasil ujian sekolah SD dan nilai rapor, terang Andreas, dikhawatirkan itu tidak menggambarkan kondisi siswa yang sesungguhnya. Bisa jadi ada guru yang menggelembungkan nilai rapornya.

Penggelembungan nilai, kata Andreas, banyak terjadi pada siswa-siswa SMA. Guru-guru yang ingin sekolahnya diundang untuk masuk perguruan tinggi yang bagus menaikkan nilai rapor para siswanya. Akibatnya saat siswa mengikuti kuliah di PTN yang bagus mereka kesulitan sebab kemampuannya di rapor bukan cerminan kemampuannya yang riil. (Republika)

suprapto

Read Previous

Bintan Segera Berlakukan Sistem Informasi Manajemen Pernikahan

Read Next

Direktur Buana Sakti Divonis Dua Tahun Enam Bulan