Permodalan PNPM Teluk Sebong Peringkat Pertama

Bintan, Isukepri.com – Pemodalan PNPM Mandiri Perdesaan (MP) Kecamatan Teloksebong menduduki peringkat pertama di Bintan dengan dana sebesar Rp 2 miliar. Hal ini diungkapkan oleh Mindoko Fasilitator Pengelolaan Keuangan PNPM MP Kabupaten Bintan, Kamis (6/2).

“Aset permodalannya mencapai angka sekitar Rp 2 miliar. Selain itu, pertumbuhan modalnya pun baik, peringkat ke-2 setelah Telokbintan,” kata Mindoko.

PNPM MP Kecamatan Teloksebong mengalami pertumbuhan 59 persen, diatasnya ada Bintan Timur dengan pertumbuhan mencapai 60 persen, sebut Mindoko lagi.

Menurut pengakuan Mindoko, masalah perputaran modalnya tak ada masalah. Hanya ada 1 kelompok yang menunggak dan saat ini permasalahan tersebut sudah  terselesaikan dengan baik. Perputaran modal ini, diharapkan dapat memberi keuntungan kelompok sehingga pendapatan jasa akan meningkat.

Perolehan keuntungan yang PNPM MP terima akan kembali kepada para anggota dan kelompok. Dimana dari 100 persen keuntungan yang didapat dari uang jasa, sebagian akan dikembalikan dengan sistem Insentif Pembayaran Tepat Waktu (IPTW). hal ini berdampak kepada anggota semangat bekerja dan membayar tepat waktu sehingga kami akan berikan kembali dalam bentuk insentif. Ini juga untuk membuktikan bahwa PNPM merupakan wadah membangun masyarakat dari masyarakat untuk masyarakat, jelasnya.

PNPM MP sendiri memberikan pinjaman dana bergulir kepada masyarakat dengan 2 sistem yaitu pinjaman per kelompok dan individu. Namun saat ini yang banyak dilakukan sejak PNPM MP Teluksebong berdiri pada tahun 2004 lalu adalah sistem per kelompok. Itu karena lebih efektif dan aman dengan cara per kelompok, maka beban pembayaran akan diberikan ke kelompok. Di mana setiap anggota kelompok tersebut dapat saling mengingatkan. (CR12)

suprapto

Read Previous

Pemkab Bintan Akan Bedah Tiga Desa Melalui RTLH

Read Next

FKDM Kepri Minta Polisi Usut Kasus di Tarempa