KPU Larang Pemilih Bawa Hp Saat Pencoblosan

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Divisi Perencanaan Keuangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau, Ridarman Bay, melarang para pemilih membawa Handphone (Hp) saat melakukan pencoblosan pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 9 April 2014 mendatang.

Para pemilih tidak boleh membawa Hp saat pencoblosan atau di bilik suara. Hal itu untuk menghindari kecurangan money politik, ujar Ridar saat pelaksaan simulasi cara pemungutan dan perhitungan suara (Tumsura), pada Selasa (25/2) di Hotel Aston Tanjungpinang.

Pada acara itu juga, Pokja Pencalonan dan Kampaye KPU Provinsi Kepri, Marsudi, S.sos, menyampaikan, pelaksanaan simulasi perhitungan dan pemugutan suara yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Kepri dan KPU Kota Tanjungpinang tersebut, bertujuan untuk memberikan tata cara bagaimana cara memilih, mulai pelaksanaan dari awal hingga akhir disampaikan ke KPPS, setelah itu disosialisasikan ke masyarakat.

“Pelaksanaannya, pertama ketua TPS membuka dan menyampaikan sumpah kepada petugas KPPS dan saksi serta para saksi parpol, sebelum dilaksanakannya perhitungan, kata Marsudi.

Selain itu, kata dia, penjelasan tentang bagaimana cara memilih dibilik atau kamar suara kepada pemilih. “Ada empat surat suara yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat yang memilih,yakni DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota. Maka, setelah itu cara pencoblosannya mengunakan paku yang disedaiakan petugas dibilik kamar,” ujarnya.

Agar kertas surat suara tidak cacat atau rusak, sambung Marsudi, maka petugas menyarankan mencoblos nomor urut. “Pencoblosan tidak boleh keluar dari surat suara dan hanya dicoblos nomor urut dan nama partai dan itu baru syah,” ucapnya.

Namun sebelum memberikan surat suara kepada pemilih, sebelumnya surat suara dicek agar tidak cacat maka setelah itu baru diberikan kepada pemilih.

Sementara pemugutan suara tersebut mulai dilaksanakan oleh petugas KPPS yang dimulai pada pukul 07.00 WIB dan terakhir pada pukul 13.30 WIB, maka setelah itu dilakukan perhitungan suara oleh KPPS. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Kadin Minta Penggunaan Gas Elpiji 3 Kg Diawasi

Read Next

Liga Champions Eropa 2013-2014 : Zenit vs Borussia Dortmund