Kawasan Hutan Persantren Hidayatullah Terbakar Luas

Bintan, Isukepri.com – Telah terjadi kebakaran hutan dikawasan Pesantren Hidayatullah, Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya pada Minggu (2/2) sekitar pukul 12:30 siang lalu.

Misbah salah satu saksi mata yang juga santri pesantren mengatakan api berasal dari salah satu perkebunan yang sengaja dibakar oleh pemiliknya untuk membuka lahan. Karena tidak adanya pengawasan dari pemilik tanah, api membesar dan merambat kehutan hingga mendekati beberapa bangunan Pesantren Hidayatullah.

“Awalnya saya lihat api tidak terlalu besar, selang beberapa jam ketika kami selesai sholat Zuhur, api membesar dan merambat kehutan hingga mendekati dinding bangunan pesantren,” ungkap Misabah.

Melihat api yang kian membesar dan pihak pemadam kebakaran pun tidak kunjung datang, Ust Umaidi pimpinan pesantren Hidayatullah turun memadamkan api bersama seluruh santriwan dan dibantu oleh warga kelurahan Toapaya Asri dengan peralatan seadanya.

“Kami sudah berusaha menghubungi pihak pemadam kebakaran, melihat api yang semakin besar, kami bersama warga dengan segera berusaha memadamkan api,” kata Umaidi.

Setelah 1 jam berusahan bersama warga sekitar, si jago merah baru bisa dipadamkan, Umaidi memperkirakan ada sedikitnya 4 hektar kawasan hutan yang ikut terbakar akibat pembukaan lahan perkebunan ini.

Sampai saat berita dimuat, belum diketahui siapa pelaku pembakaran, namun ada dugaan dari warga setempat kalau pelaku adalah pemilik lahan itu sendiri yang katanya warga Tanjungpinang. (IWAN)

suprapto

Read Previous

Liga Premiere Inggris 2013-2014 : Hull City vs Tottenham Hotspurs 1-1

Read Next

KONI Belum Bayar Dana Pembinaan Atlet Catur