Damkar Minta Pengendara Menepi Jika Dengar Sirine

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tanjungpinang, mengharapkan pengendara pengguna jalan raya agar menepi atau memberikan jalan kepada mobil pemadam kebakaran apabila mendengar suara sirine saat melintas di jalanan yang sama.

“Kita mengimbau kepada masyarakat apabila ada mobil kebakaran sedang melintas, tolong lah diberikan jalan, agar mempermudah kita melakukan tugas,” kata Kasi Kesiapsiagaan, Raja Mukmin kepada IsuKepri, Kamis (6/2).

Ia juga meminta, kesadaran masyarakat untuk mendukung damkar menjalankan tugasnya sebagai pemadam kebakaran. Karena pada kenyataannya, sering kali setiap ada kebakaran, masyarakat pengguna jalan enggan menepi untuk memberikan jalan kepada mobil damkar, padahal situasi kebakaran sudah dalam keadaan darurat.

“Mau berapa banyak pun mobil damkar yang disiapkan untuk memadamkan suatu kebakaran, tetapi kalau tidak ada dukungan dari masyarkat dengan cara memberi akses jalan ketika damkar menjalankan tugas. Maka, tugas damkar tak akan bisa berhasil,” tegasnya.

Karena menurutnya, tujuan membunyikan sirine itu berarti dalam keadaan emergency, berarti ada suatu kebakaran dan kendaraan damkar bergerak laju itu untuk memadamkan api, guna mencegah kerugian dari kebakaran itu bertambah banyak.

Menurutnya, jangan merasa kebakaran yang terjadi itu hanya milik orang lain. Tetapi cobalah untuk mengerti, bagaimana jika kebakaran itu terjadi kepada lingkungan diri sendiri.

“Seperti pada kebakaran di pasar tempo lalu, petugas kebakaran kesulitan melakukan tugasnya, karena masyarakat terlalu banyak yang menonton kejadian tersebut. Kemudian ketika mobil damkar kami berjalan untuk melaksanakan tugas, pengguna jalan seperti tidak peduli, bahkan sampai kami klakson – klakson agar memberi akses jalan bagi kami menjalankan tugas,” tegasnya. (SAUD MC)

Alpian Tanjung

Read Previous

KPU: Warna Surat Suara Beda di Tiap Tingkatan

Read Next

Sani Akan Ganti Rugi Jika Proses Hukum Selesai