BKB Anggarkan Rp100 Juta untuk Berihkan Borobudur

Magelang, Isukepri.com – Abu vulkanik yang berumber dari letusan gunung Kelud beberapa hari lalu membuat Balai Konservasi Borobudur (BKB), Kabupaten Magelang terpaksa harus menanggarkan dana sebesar Rp 100 Juta untuk membersihkan Candi Borobudur. Menurut Kepala Seksi (Kasi) Layanan Konservasi Balai Konservasi Borobudur, Iskandar M Siregar, dana tersebut juga termasuk biaya untuk pemulihan Candi Pawon dan Candi Mendut di Kecamatan Mungkid yang juga tercemar abu vulkanik.

“Dana itu diambil dari anggaran rutin perawatan Candi Borobudur, untuk kebutuhan pembersihan abu vulkanik gunung Kelud selama 7-10 hari mendatang,” ujar Iskandar M Siregar, Senin (17/2).

Selain dipergunakan untuk membeli alat kebersihan dan perlengkapan lain, dana itu juga akan dipakai untuk membayar honor 50 tenaga kebersihan, masing-masing Rp 50.000 per hari.

Sementara itu, untuk pemulihan di dua candi lainnya, BKB mengalokasikan Rp 35 juta untuk Candi Pawon dan Rp 45 juta untuk Candi Mendut. “Semoga dana itu cukup,” harap Iskandar.

Seperti diberitakan, setelah Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur meletus, Kamis (13/2), seluruh wilayah Magelang termasuk tiga candi peninggalan wangsa Syailendra itu terdampak abu vulkaniknya.

Candi-candi itu pun sudah mulai dibersihkan sejak Senin (17/2) kemarin. Ratusan tenaga kebersihan termasuk TNI, relawan dan masyarakat umum turut membantu untuk membersihkan candi dari abu vulkanik. (kompas)

suprapto

Read Previous

XL Kembali Tawarkan Paket Internet Unlimited

Read Next

Pengguna Narkotika Dihukum 1 Tahun Penjara