Bintan Timur, Gesek, dan Toapaya Diamuk si Jago Merah

Bintan. IsuKepri.com – Maraknya kebakaran hutan di Kota Tanjungpinang, membuat Kabupaten Bintan tak juga mau ketinggalan. Terbukti hari ini Senin (10/2), 7 lokasi di Kabupaten Bintan diamuk si Jago Merah.
 
7 lokasi yang berada di Kabupaten Bintan itu terjadi secara terpisah, masing-masing kebakaran berada di Bintan Timur, Gesek dan Toapaya.
 
“Hari ini sudah ada 7 titik kebakaran lahan,  6 titik di Toapaya dan 1 titik di Bintan Timur,” kata Petugas Damkar Bintan Timur, Iskandar, Senin (10/2).
 
1 titik kebakaran di Bintan timur tersebut sambungnya, sudah menghabiskan sekitar 8 hektar lahan tepatnya di kawasan Korindo.
 
Sementara itu, UPT Damkar di kawasan Toapaya, Tembeling dan Bintanbuyu, Nurwendi, mengatakan di kawasannya sudah terjadi 6 titik kebakaran.
 
” Di tower KM23, SMP Simpang Gesek, Kantor Lurah Toapaya, simpang Tembeling, serta dua titik di Perkampungan Pulau Ladi secara terpisah,”paparnya di lokasi kejadian Perkampungan Pulau Ladi RT07/RW02.
 
 
Menurut warga yang lahanya habis terbakar, kebakaran di area Perkampungan Pulau Ladi sudah sering terjadi hampir tiap tahunnya. Namun kali ini, kebakaran sangat besar berbanding dengan kejadian yang pernah dialami sebelumnya.
 
“Jangankan kebun saya yang habis terbakar, kebun karet milik Rasimin juga habis terbakar,” kata Ase pemilik kebun.
 
Menurutnya, kebakaran tersebut bermula dari lahan di Bukit Samak yang tidak diketahui pasti penyebabnya.
 
“Sebelumnya api berasal dari arah Bukit Samak, dan penyebaran api pun terlalu cepat karena angin berasal dari  Bukit tersebut menuju perkebunan ini,”imbuhnya.
 
Lalu, menurut seorang warga di lokasi yang sama, Samsi mengatakan, di lokasi kebakaran benyak terdapat lahan pertanian yang dimiliki beberapa orang dan perkiraannya hampir puluhan hektar sudah hangus dilalp api.
 
” Kejadiannya saja sudah dari jam 11:00WIB lalu, sampai saat ini pun masih belum juga padam,” ucap Samsi. (SAUD MC)

suprapto

Read Previous

Warga Manfaatkan Sisa Kebakaran Hutan Sebagai Penghasilan

Read Next

Paripurna Terbuka Hanya Dihadiri 13 Anggota DPRD