Ansar Resmi Buka MTQ ke-V Kabupaten Bintan

Bintan, Isukepri.com – Bupati Bintan, H Ansar Ahmad Resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur”‘an (MTQ) ke-V ditingkat Kabuaten Bintan pada Selasa (18/2) malam di Arena MTQ Telukbakau, Kecamatan Gunungkijang. Peresmian MTQ ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Bintan H. Ansar Ahmad bersama Wakil Bupati Bintan H. Khazalik dan juga diikuti oleh beberapa tokoh lainnya seperti Kemenag Bintan dan Ketua Lembaga Adat Melayu Provinsi Kepri Datuk Tun Abdul Razak.

Melalui MTQ ke-V Kabupaten Bintan, Ansar mengajak khususnya masyarakat Bintan untuk menjadikan Al-Quran sebagai sumber kekuatan dalam menghadapi persoalan-persoalan kehidupan. Dalam sambutannya, Ansar berkomitmen pemkab akan bersungguh-sungguh mengembangkan pembinaan Al-Quran dari tingkat taman kanak-kanak, remaja, hingga ditingkat orang dewasa.

“Marilah kita jadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup kita, apapun masalah yang dihadapi solusinya ada didalam Al-Quran. Semoga masyarakat Bintan tetap rukun, damai dan selalu beryukur,” kata Ansar.

Sebelumnya, menurut Ansar, pada Selasa (18/2) pagi Pemkab Bintan telah melantik dewan hakim MTQ sekaligus menggelar pawai taruf di GOR Comunity Center Kawal. Peresmian MTQ ke-V malam itu pun disejalankan dengan pelantikan kepengurusan Lembaga Adat Melayu (LAM) Bintan dan pemberian bantuan oleh para pegawai kabupaten Bintan kepada korban bencana erupsi gunung Sinabung, Sumatera Utara dengan jumlah bantuan sebesar Rp 66 juta.

“Bantuan tersebut murni dikumpulkan para pegawai Kabupaten Bintan sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pegawai se-kabupaten Bintan dalam upaya membantu meringankan beban korban bencana,” lanjut Ansar.

Rencanannya, pada tahun 2015 mendatang Pemkab Bintan akan menyediakan pusat kajian Al-Quran disetiap kecamatan se-kabupaten Bintan dengan misi ingin membumikan/memasyarakatkan Al-Quran dengan menumbuh kembangkan gemar membaca, mempelajari serta menghayati isi kandungan Al-Quran ditengah tengah kehidupan masyarakat Islam.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Elizar Juned saat melaporkan terkait pelaksanaan MTQ didepan Ansar dan para tamu undangan mengatakan, peserta MTQ berasal dari 10 kecamatan dengan jumlah 233 peerta yang akan mengikuti 7 cabang pertandingan yakni Tilawah, Tahfiz, Tartil, Qiro Atusaba’ah, Fahmil, Syarhil Quran, Khatil dan MMQ.

“Pemenang pada masing-masing cabang yang diperlombakan akan dijadikan sebagai utusan Kabupaten Bintan pada MTQ tingkat Provinsi Kepri tahun 2014 di Kabupaten Karimun,” jelas Elizar Juned.

Pada pembukaan MTQ tersebut dimeriahkan oleh penampilan Ainul Mubarak Qoriah asal Indonesia yang meraih juara I MTQ tingkat internasional di Malaysia dan Iran, tahun lalu. (IWAN)

suprapto

Read Previous

Kasatlantas Polres Tanjungpinang Diganti

Read Next

5.050 Siswa di Tanjungpinang Terima BSM